PENGARUH MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ABON IKAN “MANISE” PADA UKM SETIA KAWAN DI KOTA KUPANG

  • Saifulla H. Puas Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Chairul Pua Tingga Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Merek, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Rumusan masaalah dalam penelitian ini adalah 1). Apakah merek (brand) berpengaruh secara parsial
terhadap keputusan pembelian produk abon ikan MANISE pada UKM Perikanan Setia Kawan Di
Kota Kupang. 2). Apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian abon
ikan (MANISE) pada UKM Perikanan Setia Kawan di Kota Kupang. 3). Apakah merek dan promosi
secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk abon ikan (MANISE).
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruahan dari konsumen yang telah melakukan pembelian
abon ikan “MANISE” pada UKM Setia Kawan Kota Kupang. Sedangkan responden berjumlah 196
orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data hasil penelitian dianalisis degan
menggunkan program SPSS versi 20 for windows.
Hasil penelitian menunjukan 1). Secara parsial merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian abon ikan “MANISE” pada UKM perikanan Setia Kawan Kota Kupang. 2) Secara parsial
parsial promosi mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk abon ikan
“MANISE” pada UKM Perikanan Setia Kawan di Kota Kupang. 3) Secara simultan, variabel merek
dan promosi memberikan pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk abon ikan
“MANISE” pada UKM Perikanan Setia Kawan di Kota Kupang.
Saran yang diajukan adalah untuk variabel merek dan promosi menjadi pusat perhatian bagi pihak
pengurus UKM Perikanan Setia Kawan di Kota Kupang untuk menarik konsumen melakukan
keputusan pembelian dengan cara meningkatkan asosiasi merek dan mempromosi jalur distribusi
degan baik.

Published
2023-12-04