Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilakukan di MTs Negeri Kota Kupang pada semester II kelas VII Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design) dengan menggunakan purpossive sampling. Sampel dikelompokan menjadi dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Sampel kelas eksperimen terdiri dari 36 siswa pada kelas VII F sedangkan pada kelas kontrol kelas VII D terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan angket respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan serta perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP dan LKS inkuiri terbimbing. Teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata postest untuk kelas eksperimen (VIIF) yaitu 75,69 yang termasuk kriteria tinggi dan kelas kontrol (VIID) 50,45 yang termasuk kriteria rendah. Hasil penelitian hasil belajar siswa diperoleh nilai uji-t pada taraf a 0,05 dengan df 67 diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Kota Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.
References
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maretasari, Esti., Subali, Bambang, dan Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, ISSN2255-6935
Nugroho, Sugeng, Suparni, dan Sarwanto. 2012. Pembelajaran IPA dengan Metode Inkuiri Terbimbing menggunakan Laboratorium Rill dan Virtuil Ditinjau Dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pasca UNS. 1.(3). ISSN 2252-7893-235-244
Rachman, N. D, Sudarti, dan Supriadi, B. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry Approach) pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Rogojampi Tahun Ajaran 2012/2013.Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, 1 (3) : 300-308.
Sagala, S. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta.
Sudjana. 2010. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Perangkat Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Usman, H. 2009. Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Kasara.