Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Botani di Kelas X SMA

  • Binerd Anthon Im Toy SMA Negeri Nunbena, Kab. Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur
  • Dhanang Puspita Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga
  • Soenarto Notosoedarmo Program Studi Teknologi Pangan, Universitas Kristen Satya Wacana – Salatiga
Keywords: bahan ajar, biologi, botani, discovery learning, pendekatan ilmiah

Abstract

Botani adalah salah satu cabang ilmu biologi yang memelajari tentang tumbuhan. Siswa dapat mengenal berbagai macam tumbuhan berdasarkan bentuk daun, bentuk tepian daun, dan pertulangan daun. Salah satu model pembelajaran untuk siswa SMA kelas X adalah disvovery learning dengan pendekatan ilmiah. Tujuan dari pembuatanbahan ajar ini adalah untuk mendesain bahan ajar biologi berbasis discovery learning dengan pendekatan ilmiah pada materi botani bagi siswa kelas X SMA. Metode pengembangan pembelajaran dilakukan berdasarkan pendekatan ilmiah melalui telaah pustaka botani dan responden adalah siswa kelas X SMA. Dihasilkan pedoman untuk pemahaman bentuk daun, bentuk tepian daun, dan bentuk pertulangan daun. Siswa diajak memelajari secara teoritis untuk menguatkan pondasi keilmuwan mereka. Siswa diajak keluar untuk mengambil sampel daun lalu mengidentifikasikannya. Kelemahan dari model ini adalah tidak tersedianya sarana prasarana pendukung dan koleksi tumbuhan yang lengkap. Guru yang profesional tentunya harus kreatif dan berimprovisasi untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam kegiatan belajar-mengajar. Dapat disimpulkan bahwa desain bahan ajar biologi yang menerapkan model discovery learning dan pendekatan ilmiah dapat menstimulasi dan memberi tantangan pada siswa dalam menemukan hal baru di lingkungan sekitar secara nyata.

References

Brigenta, D., Handikha, J.,& Sasono, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Discovery learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika III. 167–173.
Darnita, I. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, M. (2014). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Belajar Tikom Dengan Kovariabel Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Dwijendra Gianyar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. 4: 1-10.
Kamaliyah (2016). Mendesain dan Melaksanakan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 118-125.
Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4.
Taman, M., & Kartikasari, D. (2018). Panduan Lapangan Tumbuhan Liar yang Dapat Dikonsumsi. Indobotanica. Gresik.
Toy, B. A. I., Karwur, F. F., da Costa, J. F., Langkun, J. F., & Rondonuw, F. S. (2018). Desain Bahan Ajar Biologi Berbasis Discovery learning Dengan Scientific Approach untuk Materi Jamur di Kelas X SMA. Biosfer Jurnal Pendidikan Biologi. 11(1): 67 – 75.
Triyanti, M., & Nulhakim, U. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Menggunakan Model Pembelajaran Student Acilitator And Explaining. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (BIOEDUSAINS). 1 (1): 43 – 51.
Published
2020-03-18