Peningkatan Keterampilan Abstrak Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Mata Pelajaran IPA Di SMPS ADVENT Nusra Tahun Ajaran 2018/2019

  • Fransina Thresiana Nomleni Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang
  • Niken Parikaes Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang
  • Theodora Sarlota Nirmala Manu Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Kristen Artha Wacana-Kupang
Keywords: Model Problem Based Learning, Lesson Study, Keterampilan abtsrak

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan keterampilan abstrak siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning besbasis Lesson Study pada mata pelajaran IPA di SMPS Advent Nusra Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yaitu model penelitian tindakan model siklus, model ini merupakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi/pengamatan dan rubrik. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan siswa meningkat setelah menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis lesson study, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data kemampuan siswa dalam hal mengerjakan LKS, Persentase hasil kerja dan pembuatan Laporan yang mengalami peningkatan setiap siklusnya, dimana dapat dilihat hasil persentase klasikal dari siklus I ke siklus II, pada siklus I persentase yang di dapat sebanyak 61% dan pada siklus II mengalalmi peningkatan persentase sebanyak 82%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan keterampilan abstrak siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning besbasis Lesson Study. Peningkatan ini karena adanya mengorientasi siswa kepada masalah, mengorientasi dan membimbing siswa dalam menggumpulkan informasi, mengembangkan dan menyajikan hasil karya tersebut mempengaruhi kemampuan siswa dimana siswa terlihat lebih aktif dan mampu bekerja sama dengan kelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Peningkatan ini juga terjadi karena adanya kolaborasi atau kerja sama Tim (Lesson Study) baik antara Guru, Peneliti maupun siswa sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II

References

Achmad Sofiyullah. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Capaian Hasil Belajar IPA Biologi pada Bab Ekosistem (Siswa Kelas VII C Tahun Pelajaran 2013/2014 SMP Negeri 13 Jember).
Amir, M Taufiq. (2009). Inovasi pendidikan melalui problem based learning.bagaimana pendidik memberdayakan pembelajaran di era pengetahuan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Amir. (2007). Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah.Surakarta: UNS Press.
Anas Sudijiona. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Perseda.
Arikunto, Surhamisi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rinekacipta.
Arikunto. A. (2007) . Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan PT Rineka Cipta. Jakarta: Bumi Askara.
Bill Cerbin & Bryan kopp, A Brief Introduction To College Lesson Study. Lesson Study Project. Online : http ://www.uwlx.edu/sotl/Isp/index2.htm.
Dahniar, N. (2007). Pertumbuhan Aspek Psikomotorik Dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Observasi Gejala Fisis Pada Siswa Smp. Jurnal Geliga Sains.
Darmawati.Jufri. (2012). Implementasi Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMA 3 Papepare Semarang : Institut Agama Islam Walisongo.
Dave, R.H. (1967). Taxonomy of educational objectives and achievement testing. London : University of London Press.
Hendayana, S. Suryadi, Didi. Kaarim, Muchtar, A. (2006). Lesson Study : suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik (Pengalaman IMSTEP_JICA : Bandung UPI Press.
Kendid Mahmudi. (2013). “Penerapan Lesson Study Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Fisika di SMP”.
Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Reflika Aditama.
Primadari, Arum Handini. (2010), Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think – Pair – Square. Yokyakarta Fakultas Metematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakatra.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. (2011). Model – model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sanjaya,W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan : LPMP-Jawa Barat Wikipedia. 2007. Lesson Study en.wikipedia. org/wiki/Lesson_study.
Thobroni.Mohamad dan Mustova Arif. (2011). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.
Trianto. (2007). Model Problem Based Learning, Jakarta : Gaung Persada Press.
Widoyoko. (2014). Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Published
2021-01-13