PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIIᶜ DI SMP MUHAMMADIYAH KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas belajar IPA Biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VIIᶜ di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kota Kupang dari bulan Maret sampai Mei 2020.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif pendekatan grounded teory dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar melalui model pembelajaran Quantum Teaching maka peneliti melakukan observasi di SMP Muhammadiyah Kupang. Permasalahan yang ditemui 1). Kurangnya aktivitas belajar 2). Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru 3). Siswa tidak berperan aktif dalam diskusi kelompok 4). Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar setelah siswa diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.
References
Aka, A. K. (2016). “Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pknâ€. 2016. Jurnal Pedagogia. 5 (1) : 35- 46.
Daryati, S., Rumahorbo, B. T. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Virus Siswa Kelas X SMA NEGERI 2 Skanto Kabupaten Keeromâ€. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6 (1) : 48-57.
Faj, N. A., Fakhri, J., Yusandika, A. D. (2018). “Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hail Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal Of Science and Mathematics Educationâ€. 01 (2) : 39- 45.
Frauz. F., Suparmanto. A. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompotensi Dasar Menerapkan Teknik Pengerjaan Logam Kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Surabayaâ€. Jurnal PTM . 6 (01): 137-143.