PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPA BIOLOGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIIᶜ DI SMP MUHAMMADIYAH KUPANG

  • Nurdiyah Lestari Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Maya Sofwanti Lenamah Universitas Muhammadiyah Kupang
  • St. Muthmainnah Yusuf Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Quantum Teaching, Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatkan aktivitas belajar IPA Biologi dengan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas VIIᶜ di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Kota Kupang dari bulan Maret sampai Mei 2020.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif pendekatan grounded teory dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas belajar melalui model pembelajaran Quantum Teaching maka peneliti melakukan observasi di SMP Muhammadiyah Kupang. Permasalahan yang ditemui 1). Kurangnya aktivitas belajar 2). Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru 3). Siswa tidak berperan aktif dalam diskusi kelompok 4). Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar setelah siswa diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.  

 

References

Arifudin, A. (2016). “Pembelajaran Matematika Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik”. jurnal Al ibtida. 3 (2) : 186- 196.
Aka, A. K. (2016). “Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn”. 2016. Jurnal Pedagogia. 5 (1) : 35- 46.
Daryati, S., Rumahorbo, B. T. (2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Virus Siswa Kelas X SMA NEGERI 2 Skanto Kabupaten Keerom”. Jurnal Pendidikan Indonesia. 6 (1) : 48-57.
Faj, N. A., Fakhri, J., Yusandika, A. D. (2018). “Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hail Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal Of Science and Mathematics Education”. 01 (2) : 39- 45.
Frauz. F., Suparmanto. A. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompotensi Dasar Menerapkan Teknik Pengerjaan Logam Kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Surabaya”. Jurnal PTM . 6 (01): 137-143.
Published
2024-08-08