PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) pada MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA di KELAS XI SMAN 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020

  • St Muthmainnah Yusuf Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Pedro A. S. Anggut Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Nurdiyah Lestari Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: LKPD, Sistem Pernapasan Manusia, Model POE

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, kevalidan dan kepraktisan dari produk hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan model 4-D. terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Alasan peneliti menggunakan model 4-D, yaitu selain mudah penerapannya, model ini banyak dipakai oleh peneliti sebelumnya. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop) karena mempertimbangkan beberapa aspek. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan ini adalah lembar validasi dan angket. Nilai kevalidan LKPD dari kedua validator sebesar 3.82. Dapat disimpulkan bahwa secara umum LKPD yang telah dikembangkan sangat valid. Hal ini berarti bahwa LKPD yang telah dikembangkan dapat di uji cobakan untuk mengukur kepraktisan LKPD. Hasil dari angket respon guru tersebut dapat disimpulkan bahwa praktikalitas LKPD oleh guru adalah 3.85. Dengan demikian, hasil angket kepraktisan oleh guru secara umum menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat praktis.

References

Alfiana, Fahmi. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Fakultas ilmu pendidikan.Universitas Negeri Malang. Malang.

Apriliantika. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Dan Menyimpulkan. (Skripsi). Universitas Lampung: Bandar Lampung

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawati, Eka Yuli Sari. 2015. Lembar kerja siswa (lks) menggunakan model Guided inquiry untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis dan penguasaan. Jurnal Pendidikan Fisika. 3(11): 1-16

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiati, H. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Menggunakan Eksperimen Sederhana Dan Eksperimen Terkontrol Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana 9 (1): 149-157

Bektiarso, S. 2015. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Fannie, R.D. dan Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Prediction, Observation and Explanation) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. 8 (1): 96-109.

Sulaiman. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dengan Teknik POE Terhadap Hasil Belajar Konsep Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi: Universitas Gorontalo

Hairudin, dkk. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) untuk Menunjang Pelaksanaaan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Kimia SMA Pokok Bahasan Koloid. Riau: Universitas Riau.

Horbi. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi Pada Penelitian..

Indrawati dan Setiawan. 2009. Pembelajaran Aktif, Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam untuk Program Bermutu.

Kemedikbud. 2013. Panduan Tugas Telaah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta.

Marsa, Yusminah Hala, A. Mushawwir Taiyeb. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmart. 5 (1): 42-57.

Muliawati, dkk. 2013.Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SD di Gugus Ubud. (Skripsi). Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja

Mulyatiningsih. 2013. Metode Penelitian Bidang Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Noto, M. 2014. Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Vol 3(1): 28-29

Prastowo A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama A. dan Lepiyanto A. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Aapproach Siswa SMA Kelas x pada Materi Fungi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1): 41-48

Purwanto. 2009. Validasi Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Pendidikan Scientific.Rajawali Press. Jakarta

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfa Beta. Bandung

Rosanti, Diana. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Kemampuan Problem Solving Siswa. Skripsi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Universitas Tanjungpura. Kalimantan.

Sinatra. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Pokok Bahasan Energy dan Perubahannya. Skripsi. Malang: Sekolah Tinggi Tekhnik Malang.

Sudiadnyani, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Di Kelurahan Banyuasri. (Tesis). Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA. Bandung.

Suparno, P. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta

Widoyoko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Yupani, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Yusron dan Indrawati. 2016. Modul Guru Pembelajar: Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menegah Atas (SMA) Kelompok Kompetensi H. Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2024-08-08