Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMPN 11 Kota Kupang
Abstract
Menggunakan model pembelajaran aktif seperti model Snowball Throwing yang
dikombinasikan dengan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Biologi di SMPN 11 Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Snowball Throwing menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi
sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasieksperimen.
Populasinya
terdiri
dari
288
siswa
kelas
VIII
dari
8
kelas,
dengan
sampel
adalah
siswa
dari
kelas
VIII
G
dan
VIII
I,
masing-masing
terdiri
dari
31
siswa.
Desain
penelitian
yang
digunakan
adalah
Post-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar 8,279 dengan nilai p sebesar 0,000,
yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05; oleh karena itu, H1 diterima. Model pembelajaran
Snowball Throwing yang dibantu dengan alat peraga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi di SMPN 11 Kota Kupang untuk tahun ajaran
2019/2020. Keuntungan dari model Snowball Throwing yang menggunakan alat peraga adalah
membantu siswa berpikir tentang merumuskan pertanyaan dan mencari jawaban tentang materi
yang dipelajari, yang dikemas dalam permainan bola salju aktif, sehingga pembelajaran menjadi
lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa.
References
Ades, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Abdul Rahman. 2010. Panduan Pelaksanaan Administrasi Pajak: Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung: Nuansa
Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.
Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Asessing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. A Bridged Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya
Rasyid, Muhaedah., Side, umiati. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN I Bajeng Kab. Gowa (Studi pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon)
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumad, 1972.Alat peraga dan jenis-jenis alat peraga dan kegunaannya.Jakarta : kencanaÂ
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukarsih, Karti Hari. 2002. Media Pembelajaran dan Jenis jenis Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sukertiasih., 2010, Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Snowball Throwing Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Saraswati Mataram Tahun Ajaran 2007/2008, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 4: 69-78.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, H.(2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi AksaraBandung PT Remaja Rosdaka Karya
Wahidmurni, dkk. (2010:18). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta. Nuha Litera.