Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed <p><strong>Jurnal Biosains dan Edukasi</strong> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian) para Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi bidang Pendidikan dan Sains Biologi meliputi; Pendidikan Biologi (Pengembangan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, dan Penelitian Eksperimen); Mikrobiologi; Anatomi, Fisiologi dan Histologi; Botani (Anatomi, Fisiologi, Morfologi dan Biomolekuler Tumbuhan); Biologi Kelautan dan Ekologi / Lingkungan; Bioinformatika; dan <em>Herbal Medicine</em> (Tanaman Obat). Jurnal Biosains dan Edukasi terbit pertama kali di bulan September 2019. <strong>Jurnal Biosains dan Edukasi terbit dua kali dalam setahun, yakni Bulan Maret dan Bulan September</strong>.</p> en-US Thu, 02 Jun 2022 05:26:27 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 UJI AKTIVITAS JAMUR ENDOFIT DAUN AFRIKA (Vernonia amygdalina Del) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/305 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas jamur endofit daun Afrika terhadap pertumbuhan bakteri <em>Escherichia coli</em>, yang dilakukan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang dari bulan Maret sampai bulan Mei 2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu isolat hijau daun muda (DMH), isolat putih daun muda (DMP), isolat hijau daun tua (DTH), kontrol positif (+) dan kontrol negatif (-). Parameter penelitian adalah diameter zona hambat yang dianalisis dengan Anova, uji lanjut dengan Duncan. Hasil penelitian menunjukkan rata – rata diameter zona hambat antibakteri jamur endofit daun afrika yang terbentuk masing-masing perlakuan menunjukkan zona hambat dengan rata – rata diameter dari setiap perlakuan yaitu DMH 13.55, DMP 11.13 mm, DTH 11.33 mm dan kontrol positif 9,63 mm. Kesimpulan jamur endofit daun afrika (<em>Vernonia amygadalina</em> Del) memiliki aktivitas terhadap pertumbuhan bakteri <em>Escherichia coli</em>.</p> Ernawati, Karanat A. F. Sarabiti, Asmiati Copyright (c) 2021 Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/305 Fri, 27 May 2022 04:04:25 +0000 UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI AIR PERASAN DAUN MANGROVE RHIZOPHORA TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Aeromonas hydrophila https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/331 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri air perasan daun mangrove rhizophora terhadap pertumbuhan bakteri<em> Aeromonas hydrophila </em>dan diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi aktual bagi masyarakat akan pentingnya daun mangrove yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri <em>Aeromonas hydrophila. </em>Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Laboratorium yang terdiri dari 5 (lima) perlakuan yang diuji terdiri dari A: kontrol positif (Amoxicillin), B: kontrol negatif, (Aquades) C: <em>Rhizophora mucronata</em>, D: <em>Rhizophora apiculata, </em>E: <em>Rhizophora stylosa</em> dan parameter yang diukur adalah zona hambat. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan ANOVA melalui program SPSS versi 21, uji lanjut dengan uji Duncan. Hasil penelitian rata-rata zona hambat pada setiap perlakuan adalah pada perlakuan A yaitu 14,88 mm, B yaitu 0 mm, C yaitu 6,06 mm, D yaitu &nbsp;11,3 mm dan E yaitu 15,12 mm. &nbsp;Berdasarkan hasil analisis menunjukan perbedaan rata-rata zona hambat pada kelompok perlakuan memiliki nilai signifikan 0,000 &lt; 0,05 dengan demikian hasil penelitian ini ada aktivitas antibakteri air perasan daun mangrove rhizophora terhadap pertumbuhan bakteri <em>Aeromonas hydrophila </em>dengan perlakuan terbaik terdapat pada daun <em>Rhizophora stylosa</em> dengan rata-rata zona hambat 15,12 mm <em>. </em>Hal ini berarti bahwa air perasan daun mangrove rhizophora mampu menghambat pertumbuhan bakteri <em>Aeromonas hydrophila.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p>&nbsp;</p> Ernawati, Trysna Febriani Ratu, Ihwan Copyright (c) 2021 Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/331 Fri, 27 May 2022 00:00:00 +0000 Peningkatan Keterampilan Abstrak Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Mata Pelajaran IPA Di SMPS ADVENT Nusra Tahun Ajaran 2018/2019 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/227 <p>Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan keterampilan abstrak siswa dengan menerapkan model <em>Problem Based Learning</em> besbasis <em>Lesson Study</em> pada mata pelajaran IPA di SMPS Advent Nusra Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Rancangan penelitian yaitu model penelitian tindakan model siklus, model ini merupakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi/pengamatan dan rubrik. Analisis data menggunakan analisis Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan keterampilan siswa meningkat setelah menerapkan model <em>problem based learning</em> (PBL) berbasis <em>lesson study</em><strong>, </strong>hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data kemampuan siswa dalam hal mengerjakan LKS, Persentase hasil kerja dan pembuatan Laporan yang mengalami peningkatan setiap siklusnya, dimana dapat dilihat hasil persentase klasikal dari siklus I ke siklus II, pada siklus I persentase yang di dapat sebanyak 61% dan pada siklus II mengalalmi peningkatan persentase sebanyak 82%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan keterampilan abstrak siswa setelah diterapkannya model <em>Problem Based Learning</em> besbasis <em>Lesson Study. </em>Peningkatan ini karena adanya mengorientasi siswa kepada masalah, mengorientasi dan membimbing siswa dalam menggumpulkan informasi, mengembangkan dan menyajikan hasil karya tersebut mempengaruhi kemampuan siswa dimana siswa terlihat lebih aktif dan mampu bekerja sama dengan kelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan. Peningkatan ini juga terjadi karena adanya kolaborasi atau kerja sama Tim (<em>Lesson Study) </em>baik antara Guru, Peneliti maupun siswa sehingga dapat memperbaiki proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II</p> Fransina Thresiana Nomleni, Niken Parikaes, Theodora Sarlota Nirmala Manu Copyright (c) 2021 Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/227 Wed, 13 Jan 2021 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/341 <p>Penilitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari produk hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model <em>Means Ends Analysis </em>(MEA) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D menjadi 3-D tahap, yaitu pendefinisian <em>(define), </em>perancangan <em>(design) </em>danpengembangan <em>(develop). </em>Instrumen yang digunakan lembar validasi dan angket respon guru. Nilai kevalidan LKPD perolehan rata-rata dari kedua validator sebesar 3.82 dapat disimpulkan bahwa secara umum LKPD yang telah dikembangkan sangat valid dan layak digunakan. Hal ini berarti bahwa LKPD yang telah dikembangkan dapat di ujicobakan untuk mengukur kepraktisan LKPD.Hasil dari angket respon guru tersebut dapat disimpulkan nilai rata-rata praktikalitas LKPD adalah 3.63. Dengan demikian, hasil angket kepraktisan oleh guru secara umum menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat praktis</p> Adi Satria Ningsi, Ivo Basri K., St. Muthmainnah Yusuf Copyright (c) 2021 Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/341 Sun, 29 May 2022 13:25:24 +0000 PEMANFAATAN EKSTRAK KUBIS UNGU (Brassica oleracea L.) SEBAGAI PEWARNA ALTERNATIF PREPARAT BASAH JARINGAN TUMBUHAN https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/339 <p>Kubis ungu mempunyai warna khas yaitu warna ungu yang disebabkan oleh zat antosianin. Antosianin merupakan pigmen alami yang mempunyai sensitifitas tinggi dalam perubahan warnadisetiap tingkat perubahan warna. Kepekaan antosianin tersebut dapatdijadikan pewarna alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan ekstrak kubis ungu (<em>Brassica oleracea</em> L.) sebagai pewarna alternative preparat basah jaringan tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengekstrakan kubis ungu dengan cara menghancurkan kubis ungu menggunakan mortar lalu disaring menggunakan kertas saring, kemudian dari larutan tersebut dibuat konsentrasi dengan 20%, 40%, 60%, 80%, dan 100%. Setelah &nbsp;itu dilakukan pewarnaan pada preparat jaringan tumbuhan batang beluntas dan akar jagung. Kemudian diamati menggunakan&nbsp; mikroskop lalu didokumentasi menggunakan kamera HP, dari hasil tersebut dibuat kuesioner penilaian dan ditelaah &nbsp;oleh beberapa panelis tentang kejelasan preparat dan kekontrasan warna,dari hasil penilaian penelis tentang pewarnaan preparat jaringan tumbuhan menggunakan ekstrak kubis ungu sebagian menjawab jelas. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa larutan kubis ungu dapat di manfaatkan untuk pewarnaan jaringan tumbuhan</p> Maria Getrudis Abuk, Uslan Uslan, Nur Robiah Adawiyah Mahmud Copyright (c) 2021 Jurnal Biosains dan Edukasi https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/biosed/article/view/339 Sun, 29 May 2022 13:47:41 +0000