ANALISIS KINERJA BANK MUAMALAT CABANG KUPANG DENGAN METODE PENDEKATAN BALANCED SCORECARD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengukuran kinerja PT Bank Muamalat Cabang
Kupang dengan konsep Balanced Scorecard. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan beberapa metode analisis dari masing-masing perspektif, serta
pengukuran kinerja dari masing-masing perspektif. Untuk mendukung penelitian ini, peneliti
menyebarkan kuisioner kepada nasabah dan karyawan. Populasinya adalah nasabah dan karyawan PT
Bank Muamalat Cabang Kupang, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 98 responden
untuk nasabah dan 11 responden untuk karyawan. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan diketahui
bahwa kinerja Bank Muamalat Cabang Kupang secara keseluruhan sudah cukup baik, hal tersebut
ditunjukkan dengan nilai Scorecard yang dihasilkan dari masing-masing perspektif baik perspektif
keuangan. Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Internal Bisnis, perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan.