PENERAPANAKUNTANSI JASA PADA ALAMANDA LOUNGE BANDAR UDARA EL-TARI KUPANG

  • NURSALAM SIDIK
  • MUNAWAR
  • FAUZIYAH LAMAYA
Keywords: Akuntansi Jasa, Neraca, Laporan Rugi/Laba

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan akuntansi jasa pada perusahaan Alamanda Lounge
Bandara El-tari Kupang. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber
data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Analis data dalam penelitian ini menggunkan analisis
deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perusahaan Alamanda Lounge sebelumnya juga
menyusun laporan keuangan dengan cara sederhana yaitu (Pendapatan-Pengeluaran = Sisa Saldo) tidak
diolah ke buku jurnal kemudian ke buku besar yang akhirnya dilaporkan pada laporan keuangan. Dari
sistem akuntansi yang sederhana ini akan berdampak pada lemahnya informasi yang disajikan dalam
laporan keuangan. Berdasarkan hasil Analisis Alamanda Lounge dari Laporan rugi/laba per 31 Maret
2015 diketahui bahwa total pendapatan sebesar Rp.107.060.000,- dan total biaya sebesar Rp.68.820.000,-
sehingga labanya adalah sebesar Rp. 38.240.000,-.