ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI KABUPATEN MALAKA

indonesia

  • Marselina Bere jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Sulaiman jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Maryono jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Kinerja Keuangan,Pertumbuhan Ekonomi.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Pendapatan Asli Daerah berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malaka. (2) untuk mengetahui Kinerja Keuangan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malaka. (3) untuk mengetahui Pendapatan Asli Daerah dan Kinerja Keuangan secara simultan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Malaka.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis data kuantitatif, sumber data sekunder yakni Anggaran dan Realisasi  Pendapatan Asli dan Pertumbuhan Ekonomi dengan Laju Pertumbuhan berdasarkan Lapangan Usahanya dari tahun 2017-2022, dan   alat analisis yang dipakai adalah uji asumsi klasik, linier berganda dan hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara Parsial Pendapatan asli daerah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi -0,1930< 3,182, kinerja keuangan  tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Malaka -0,942 < 3.182 dan secara simultan PAD dan kinerja keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi yaitu sebesar 2,308 < 6,944.

Published
2023-09-05