FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI SURVEI PADA UNIVERSITAS DI KOTA KUPANG
indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Minat Mengikuti PPAK, Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mengikuti PPAK, Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Minat Mengikuti PPAK dan pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Kondisi Sosial Ekonomi secara simultan terhadap Minat Mengikuti PPAK. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan rumus slovin diperoleh 82 responden yang berasal dari 3 universitas terbesar di Kota Kupang. Teknik Analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Motivasi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mengikuti PPAK, Variabel Motivasi dengan nilai t hitung sebesar 5,560 > t tabel sebesar 1,664 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat mengikuti PPAK. Lingkungan Keluarga memiliki nilai t hitung sebesar 2,362 > t tabel sebesar 1,664 dengan nilai signifikan sebesar 0,01 < 0,05. Namun dikarenakan t hitung berkoefisien negatif maka disimpulkan variabel Lingkungan Keluarga berpengaruh negatif signifikan terhadap minat mengikuti PPAK. Variabel Kondisi Sosial Ekonomi memiliki nilai t hitung sebesar 2,108 > t tabel sebesar 1,664 dengan nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa variabel Kondisi Sosial Ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPAK. Secara bersama-sama, motivasi, lingkungan keuarga dan kondisi sosial ekonomi diperoleh nilai F hitung sebesar 25,139 > nilai F tabel sebesar 3,114 nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa Motivasi, Lingkungan Keluarga dan Kondisi Sosial Ekonomi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Mengikuti PPAK.