ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI TERHADAP PROGRAM TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. PELINDO III KUPANG)

  • Nugrahwati Fitriah jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Gasim jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Akuntansi Tanggungjawab Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan akuntansi terhadap program tanggungjawab sosial perusahaan ditinjau dari aspek pengakuan, pengukuran, penyajian, pengungkapan dan dampak penerapan tanggungjawab sosial perusahaan  terhadap perusahaan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengakuan terhadap dana Corporate sosial Responsibility (CSR) yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kegiatan-kegiatan sosial, dana CSR tersebut dicatat kedalam laporan yang diberi nama Laporan Kemitraan dan Laporan Bina Lingkungan, pencatatan dana CSR tersebut berbeda dengan prinsip akuntansi yang menghendaki setiap pembiayaan yang di keluarkan oleh perusahaan terefleksi dalam laporan keuangan sebagaimana prinsip akuntansi berterima umum. Perusahaan dalam mengukur dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) dengan menggunakan nilai nominal yang terealisasi pada setiap program CSR. Penyajian dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan disajikan dalam laporan yang diberi nama laporan Program Kemitraan dan laporan Bina Lingkungan yang dimana pada laporan dana  CSR tersebut disajikan secara terpisah karena mempunyai sistem pelaporannya  tersendiri. Dalam mengungkapkan pencatatan dana Corporate Sosial Responsibily (CSR)  perusahaan hanya menggunakan format laporan Pogram Kemitraan dan Bina Lingkungan. Penerapan CSR perusahaan mempunyai dampak yang sangat positif terhadap perusahaan demi meningkatkan nama baik perusahaan, memperlancar operasional perusahaan sehingga bebas dari gangguan demi meningkatkan pendapatan bagi perusahaan itu sendiri.

Published
2021-09-02