PENERAPAN SISTEM BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PERLAKUAN AKUNTANSINYA PADA BANK SYARIAH ( STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG KUPANG)

  • Masita Bareut jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fitriningsih Amalo jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fauziyah Lamaya jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Bank Syariah, Sistem Bagi Hasil, Pembiayaan Mudharabah, PSAK 105

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem bagi hasil pembiayaan mudharabah dan perlakuan akuntansinya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif, yang dilakukan di Bank Mandiri Syariah Cabang Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawacara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif yaitu dengan bagaimana mengetahui sistem penerapan bagi hasil dan membandingkan perlakuan akuntansi pembiayaan mudharabah yang diterapkan Bank Syariah Mandiri dengan PSAK 105.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem perhitungan bagi hasil pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Kupang menerapkan Sistem Bagi Hasil Revanue Sharing. Dalam PSAK 105 dijelaskan bahwa metode ini menjadikan laba bruto sebagai dasar dalam pendistribusian hasil usaha. Perlakuan akuntansi untuk pembiayaan Bank Syariah Mandiri Cabang Kupang dengan akad mudharabah mengenai pengakuan akuntansi pembiayaan mudharabah belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK 105. Pengakuan keuntungan, pengakuan kerugian, pengakuan piutang dan pengakuan beban di Bank Syariah Mandiri Cabang Kupang telah sesuai dengan PSAK 105, namun terdapat ketidaksesuaian dalam hal pengakuan investasi

Published
2021-09-04