PENGARUH PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP PROSES PRODUKSI DENGAN VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Royal Bakery Alif TDM Kupang)

  • VATMA WATI jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Sulaiman jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Gasim jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persediaan bahan baku terhadap berlangsungnya proses produksi dan untuk mengetahuivolume penjualan dalam moderasi interaksi persediaan bahan baku terhadap proses produksi.

Penelitian ini merupakan penelitian  kuantitatif dengan analisis data menggunakan statistic deskriptif menggunakan analisis regresi dan analisis regresi moderasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data statistic berupa laporan bulanan yang  diterbitkan oleh perusahaan yang menyangkut tentang persediaan bahan baku, proses produksi dan volume penjualan, kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS 25.

Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa ;(a) Persediaan bahan baku mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap proses produksi dimana nilai thitunglebih besar dari nilai t tabel  yaitu sebesar 1.924>1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05. Nilai koefesien regresi sebesar 0.018 yang memiliki arah positif menunjukan semakin baik persediaan bahan baku maka kelangsungan proses produksi juga akan semakin baik. (b) Volume penjualan dapat memoderasi (memperkuat) pengaruh persediaan bahan baku terhadap proses produksi. Hal ini dapat dilihat dari f hitung lebih besar dari f tabel dengan nilai F hitung sebesar 4,439>f tabel 3,369 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05.

Published
2022-05-01