PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG DAN STIE OEMATHONIS KUPANG

  • UMMI KULSUM DAHLAN jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fauziyah Lamaya jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel moderasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data diperoleh dari data primer yaitu engan pembagian kuisioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi di Universitas muhammadiyah kupang dan STIE Oemathinis kupang. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode berupa purposive sampling dengan beberapa kriteria yaitu Mahasiswa aktif yang sudah lulus mata kuliah wajib untuk programstudi akuntansi. dimana yang telah lulus mata kuliah wajib yang dimaksud adalah mahasiwa semster 8 terdiri dari  111 orang, 60 orang mahasiswa dari STIE Oemathonis dan 51 orang mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengujin data yaitu uji validitas dan uji realibilitas dan analisis data yaitu analisis regresi sederhana, MRA dan pengujian hipotesis yaitu uji statistik t.

Hasil penelitian menunjukan Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,044 lebih kecil dari 0,05. kepercayaan diri bukan variabel moderasi antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,194 lebih besar dari 0,05.

Published
2022-05-05