https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/issue/feed Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang 2025-02-27T07:51:38+00:00 suryaningsi suryaningsi91@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Akuntansi <a href="https://www.unmuhkupang.ac.id/">Universitas Muhammadiyah Kupang</a> (JA-UMK)</strong> diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang secara berkala setiap empat bulan yakni bulan Januari, Mei, dan September (tiga kali terbit setiap tahun). Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil-hasil studi empirik dan studi konseptual dalam bidang kajian akuntansi. JA-UMK menggunakan dua metode penelaahan. Penelaahan awal (initial review): dilakukan oleh Dewan Penyunting untuk memastikan bahwa setiap naskah (artikel) yang diterima termasuk dalam topik penelitian dalam bidang kajian akuntansi dan struktur penulisan memenuhi persyaratan JA-UMK. Naskah yang tidak memenuhi kriteria minimum akan dikembalikan kepada penulis dengan catatan. Penelaahan mitra bestari (peer review): jika naskah yang diterima telah sesuai dengan kriteria, maka akan ditelaah oleh mitra bestari (reviewers) yang berasal dari Dewan Penyunting atau mitra bestari lain sesuai dengan bidang kepakarannya. Keputusan akhir (Final decision): berdasarkan rekomendasi dari mitra bestari, Tim Penyunting akan memutuskan apakah sebuah naskah diterima, perlu revisi, atau ditolak. Keputusan akhir ini akan diberitahukan kepada penulis melalui surat elektronik (e-mail) bersama dengan catatan dari mitra bestari. Penentuan artikel yang dimuat dalam JA-UMK dengan mempertimbangkan: a) terpenuhinya persyaratan baku publikasi jurnal; b) metodologi riset yang digunakan; dan c) signifikansi kontribusi hasil riset terhadap pengembangan profesi dan pendidikan dan bisnis. Artikel dapat dikirim ke editor JA-UMK kepada Ketua Dewan Penyunting melalui e-mail: jurnalakuntansi.unmuhkupang@gmail.com dengan subjek Artikel.</p> https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2063 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN MANGGARAI, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR, KABUPATEN MANGGARAI BARAT TAHUN 2019-2022 2025-02-27T07:42:05+00:00 Herni Sunarya hernisunarya2@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pemerintah daerah Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, dan Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2019-2022 dengan menggunakan analisis rasio keuangan<strong>. </strong>Jenis penelitian yaitu Deskritif Kuantitatif dan jenis data yaitu data Sekunder data yang diolah adalah Laporan Realisasi APBD dari ketiga Kabupaten yaitu Kabupaten manggarai, kabupaten manggarai Timur dan kabupaten Barat tahun anggaran 2019 s.d 2022, data tersebut diperoleh dari Badan Keuangan dan Aset Daerah dari ketiga kabupaten yang diteliti yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur Dan Kabupaten Manggarai Barat. Adapun rasio keuangan yang digunakan meliputi: rasio varians pendapatan, rasio varians belanja, rasio derajat desentralisasi, rasio efektifitas pendapatans asli daerah, rasio efesiensi belanja. Hasil penelitian menunjukan bahwaa (1) kinerja keuangan Kabupaten Manggarai (a) Rasio Varians Pendapatan dikatakan Baik. Hal ini di tunjukan dengan realisasi pendapatan 2019 s.d 2020 lebih besar dari anggaran pendapatan dan di tahun 2021 mengalamai perubahan dalam hal ini Kurang Baik, (b) Rasio Varians Belanja dikatakan Baik. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2021 Realisasi Belanja kurang dari anggaran belanja. (c) Derajat Desentralisasi dikatakan Efektif. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2021 tingkat pencapian Rata-rata Derajat Desentralisasi berada diantara 80% s.d 90%, (d) rasio Efektifitas PAD dikatakan sangat efektif. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun anggaran 2019 s.d 2021 tingkat pencapaian rata-rata, PADnya melebihi 100%. (e) Tingkat Kinerja efisiensi Belanja dikatakan Kurang Efisien. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2021 tingkat pencapian rata-rata berada diantara 90% s.d 100%. (2) Kinerja Keuangan Kabupaten Manggarai Timur (a) Rasio Varians pendapatan dikatakan Kurang Baik. Hal ini di tunjukan dengan realisasi pendapatan selama tahun 2019 s.d 2022 Kurang dari anggaran pendapatan. (b) Rasio Varians Belanja dikatakan baik. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 Realisasi Belanja kurang dari anggaran belanja. (c) Tingkat kriteria Derajat Desentralisasi dikatakan Kurang Efektif. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 tingkat pencapian rata-rata Derajat Desentralisasi Kurang dari 60% (d) Tingkat Kinerja Efektifitas PAD dikatakan kurang efektif. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 tingkat pencapian rata-rata berada diantara 60% s.d 80%. (e) Rasio Efisiensi Belanja dikatakan Kurang Efisien. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 tingkat pencapian rata-rata efisiens Belanja berada diantara 90% s.d 100%. (3) kinerja keuangan Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2019 s.d 2022 (a) Rasio Varians pendapatan dikatakan Kurang baik. Hal ini di tunjukan dengan realisasi pendapatan 2019 s.d 2022 kurang dari dari anggaran pendapatan, (b) Tasio Varians Belanja dikatakan baik. Hal ini di tunjukan bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 Realisasi Belanja kurang dari anggaran belanja. (c) Rasio Derajat Desentralisasi dikatakan kurang efektif. (d) Rasio Efektifitas PAD di katakan efektif. Hal ini di tunjukan dengan pencapaian bahwa selama tahun 2019 s.d 2022 rata-rata berada diantara 90% s.d 100% (e) Rasio Efisiensi Belanja dikatakan Cukup efisien. Hal ini dilihat dari pencapaian efisiensi rata-rata berada diantara 80% s.d 90%</p> 2024-09-01T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2064 PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA, PERTIMBANGAN PASAR KERJA, DAN NILAI SOSIAL TERHADAP PEMILIHAN KARIR MENJADI AKUNTAN (STUDI KASUS MAHASISWA AKUNTANSI ANGKATAN 2020 DAN 2021 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG) 2025-02-27T07:31:39+00:00 Moh Resa Setiawang suryaningsi91@gmail.com Sulaiman suryaningsi91@gmail.com Suryaningsi suryaningsi91@gmail.com <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi mahasiswa, pertimbangan pasar kerja, dan nilai sosial terhadap pemilihan karir menjadi akuntan pada mahasiswa akuntansi angkatan 2020 dan 2021 di Universitas Muhammadiyah Kupang. Metode Penelitian yang digunakan adalah peneltiian kuantitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa akuntansi dari kedua angkatan tersebut. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda. Variabel Persepsi Mahasiswa memiliki nilai T hitung sebesar 2,700 &gt; T tabel sebesar 1,666 dengan nilai Sig. 0,000 &lt; 0,05, Variabel Pertimbangan Pasar Kerja memiliki nilai T hitung sebesar 5,373 &gt; T tabel sebesar 1,666 dengan nilai Sig. 0,000 &lt; 0,05, Variabel Nilai Sosial memiliki nilai T hitung sebesar 3,186 &nbsp;&gt; T tabel sebesar 1,666 dengan nilai Sig. 0,000 &lt; 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa ketiga variabel, yaitu persepsi mahasiswa, pertimbangan pasar kerja, dan nilai sosial, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan karir menjadi akuntan. Persepsi mahasiswa tentang profesi akuntan yang positif meningkatkan minat mereka untuk memilih karir ini. Pertimbangan pasar kerja, seperti peluang kerja yang luas dan gaji yang kompetitif, juga memainkan peran penting dalam keputusan karir mahasiswa. Selain itu, nilai sosial yang tinggi terkait profesi akuntan, seperti penghormatan dan status sosial, turut mendorong mahasiswa untuk meniti karir di bidang ini.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-09-02T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2065 PENGARUH FIRM SIZE, FINANCIAL RISK TERHADAP VALUE OF THE FIRIM DENGAN EARNING MANAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DAN CSRD SEBAGAI VARIABEL MODERASI 2025-02-27T07:49:56+00:00 abdul malik hasyim amalikhasyim@gmail.com <p><em>This research aims to find out empirical evidence of the influence of the independent variables GCG (X1), Capital (X2), Firm Size (X3), Financial Risk (X4), mediating variable (Z1), Value of the Firm Y attachment variable, and CSRD moderating variable (Z2) BPD banks registered with OJK 2019 - 2023. The data analysis method uses Smar PLS 3. The results of the analysis using PLS to obtain results show that GCG has a negative effect on earnings management. GCG has a positive effect on company value, Capital has a positive effect on Profit Management, Capital has a negative effect on company value, Company size has a negative effect on earnings management, Company size has a positive effect on company value, Financial Risk has a positive effect on earnings management, Financial risk has a positive effect on company value, earnings management has a positive effect on company value and CSRD has a positive effect on company value. The results obtained from the indirect effect significance test were that GCG had a negative effect on company value through earnings management, company size had a negative effect on company value through earnings management. Financial risk has a positive effect on company value through earnings management. Capital has a positive effect on company value through earnings management. CSRD can moderate the influence of GCG on company value. CSRD cannot moderate the influence of company size on company value, CSRD cannot moderate the influence of financial risk on company value. CSRD can moderate the influence of capital on company value.</em></p> 2024-09-03T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2066 ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DENGAN PENDEKATAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 113 TAHUN 2014 DI DESA ULUWAE 2025-02-27T07:50:33+00:00 Desi Rahmiyanti desirahmianti@gmail.com Yustina Nofiane Bhubhu desirahmianti@gmail.com <p><em>ABSTRACT</em></p> <p><em>The objectives of this study are to determine: 1) The planning of financial management in Uluwae II Village in accordance with village financial management planning as per Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014; 2) The implementation of financial management in Uluwae II Village in accordance with village financial management implementation as per Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014; 3) The administration of financial management in Uluwae II Village in accordance with village financial management administration as per Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014; 4) The reporting of financial management in Uluwae II Village in accordance with village financial management reporting as per Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014; and 5) The accountability of financial management in Uluwae II Village in accordance with village financial management accountability as per Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014. This research is a Descriptive Qualitative study. The sources of data used in this research are Primary and Secondary Data. For Primary Data, the researcher conducted direct interviews to obtain valid data sources, while Secondary Data was taken from documents related to the procedures for implementing Village Financial Management from planning to accountability stages. The subjects of this research are the Head of Uluwae II Village, the Village Secretary and Staff, and the community of Uluwae II Village. Data collection techniques used in this study include Observation, Interviews, and Documentation. The data analysis techniques employed are Data Reduction, Data Display, and Conclusion Drawing (verification). The results of the study indicate that Uluwae II Village has carried out financial management processes in accordance with the provisions stipulated in Ministry of Home Affairs Regulation Number 113 of 2014. Despite some discrepancies and delays in reporting and accountability, overall the village has endeavored to comply with the applicable regulations. Community participation in village development planning demonstrates a commitment to achieving participatory and transparent planning. The village's financial administration is quite good with the assistance of the Village Financial System (SISKEUDES), but there is still a need for improvement in the collection of supporting documents and the preparation of accountability reports. Therefore, improvements are needed in the process of collecting supporting documents and preparing accountability reports to enhance compliance and transparency in village financial management.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> 2024-09-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2067 ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN DENGAN PENDEKATAN VALUR FOR MONEY PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA KUPANG 2025-02-27T07:51:05+00:00 Zainudin Adang Djaha zainudin.ibnu@gmail.com <p>Salah satu cara yang dapat dipertimbangkan untuk penilaian kinerja, mulai dari tahap perencanaan anggaran sampai pada tahap pelaksanaan anggaran adalah konsep ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas (<em>Value For Money</em>) . Masalah penelitian dapat dirumuskan bahwa&nbsp; Bagaimana kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kota Kupang dengan pendekatan <em>value for money.</em> Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan&nbsp; Pemerintah Daerah Kota Kupang dengan pendekatan <em>value for money </em>Analisis data menggunakan metode komparatif, yaitu suatu metode analisis yang ditujukan untuk memecahkan masalah dengan cara mengumpulkan/menghimpun data, menyusun atau mengklasifikasikan, menganalisis dan menginterpretasikan serta membandingkan target dan realisasi anggaran keuangan sesuai dengan teori yang sesuai&nbsp; dengan Alat-alat analisis yang digunakan adalah Rasio Ekonomis, Efisiensi dan Efektivitas <em>&nbsp;</em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan tingkat ekonomi penggunaan anggaran mengalami peningkatan dari tahun 2020 ke tahun 2021 sebesar&nbsp; 9,32%, perkembangan tingkat penggunaan anggaran dari &nbsp;tahun&nbsp; 2021 ke tqhun 2022 mengalami peningkatan sebesar 12,21%,&nbsp; tingkat perkembangan penggunaan anggaran belanja&nbsp; dari tahun 2022 ke tahun 2023 mengalami penurunan&nbsp; menjadi 8,79% dan tingkat perkembangan&nbsp; penggunaan anggaran tahun 2023 ke tahun 2024 mengalami penurunan menjadi 8,81%.&nbsp; Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi&nbsp; biaya mengalami penurunan dari tahun 2020 ke tahun 2021 sebesar&nbsp; 0,08%,&nbsp; untuk tahun&nbsp; 2021 ke tahun 2022 mengalami penurunan sebesar 0,16%, untuk tahun 2022 ke tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi 0,02% dan untuk tahun 2023 ke tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 0.20. Capaian realisasi pendapatan daerah pemerintah Kota Kupang ditahun 2024 sebesar 95.91%, capaian ini berada di di bawah standar efektivitas&nbsp; pendapatan Daerah sehingga dinilai masuk dalam kategori&nbsp; cukup efektif. Capaian ini disebabkan beberapa hal antara lain karena realisasi Pendapatan&nbsp; Hasil&nbsp; Pengelolaan&nbsp; Kekayaan&nbsp; Daerah&nbsp; yang&nbsp; Dipisahkan hanya mencapai 96.44% dimana target penerimaan Hasil&nbsp; Pengelolaan&nbsp; Kekayaan&nbsp; Daerah&nbsp; Yang&nbsp; Dipisahkan sebesar Rp. 15,654,999,062.00 sedangkan realisasinya mencapai &nbsp;&nbsp;Rp. 15,097,499,062.00 ; realisasi Lain-lain&nbsp; Pendapatan&nbsp; Asli&nbsp; Daerah&nbsp; Yang&nbsp; Sah berada di bawah 100% &nbsp;dimana target penerimaan sebesar Rp.26,248,163,500 , realisasnya sebesar&nbsp; Rp. 25,490,580,529</p> 2024-09-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/2068 PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, PENGENDALIAN INTERNAL DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA KEPOLISIAN DAERAH NUSA TENGGARA TIMUR 2025-02-27T07:51:38+00:00 Habibu Risky Ibrahim indahzakiakademik@gmail.com Indah Zakiyah indahzakiakademik@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah menemukan bukti empiris (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, (2) untuk mengetahui pengaruh pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pada Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur, (3) dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pada Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur. Populasi penelitian ini adalah Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, sehingga diperoleh 10 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriprif kuantitatif. Data yang diperoleh dari data primer dan sekunder yaitu melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian adalah analisis regresi linear berganda. Responden dalam penelitian ini adalah Kaur Keuangan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur. Data penelitian diolah menggunakan aplikasi SPSS ver 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan SIA berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 0,018 &lt; 0,05. (2) Pengendalian Internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 2,624 &gt; 1,943. (3) Kompetensi SDM berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan sebesar 2,403 &gt; 1,943. (4) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi (X1), Pengendalian Internal (X2)dan Kompetensi Sumber Daya Manusia (X3) Berpengaruh Positif Signifikan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Nilai f hitung 34,181 &gt; dari 5,192 (nilai f tabel).</p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 Copyright (c)