Main Article Content

Abstract

Kemampuan literasi pada  awalnya  diartikan  sebagai  keterampilan  membaca  dan  menulis,  tetapi  pada  saat  ini  pengertiannya  mengalami  perkembangan.  Khusus  untuk  mata  pelajaran  bahasa  Indonesia pengertian literasi lebih dipumpunkan pada keterampilan informasi. Kemampuan informasi  mengacu   pada   beberapa   aktivitas,   yaitu  mengumpulkan   informasi, mengolah   informasi,   dan  mengomunikasikan  informasi. Sebagai upaya pengembangan kemampuan literasi  peserta didik maka perlu adanya kegiatan yang medukung atau dapat membantu peserta didik seperti pembuatan majalah dinding. Program ini adalah satu upaya umum sebagai media informasi, karena informasi yang didapat lewat mading mudah dilakukan dan tidak memakan banyak biaya terutama dalam hal pengelolaannya.Tujuan dari pembuatan mading adalah membantu meningkatkan literasi dan kreatifitas peserta didik dalam mencari informasi dan ide-ide baru yang kemudian dituangkan dalam sebuah karya sepperti puisi, cerpen, dan pantun. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pendampingan di SDI Dhereisa melalui  program pembuatan majalah dinding. Hasil pendampingan menujukan bahwa adanya peningkatan kemampuan litrerasi dan kreativitas peserta didik di SDI Dhereisa.

Keywords

majalah dinding, literasi, kemampuan menulis

Article Details