https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/issue/feedJurnal Flobamorata Mengabdi2025-05-30T19:20:12+00:00Suryadin Hasydasuryadinhasyda@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Flobamorata Mengabdi (JFM)</strong> adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian dalam bentuk pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya. JFM berfokus pada penerapan teknologi komunikasi, Pendidikan, Hukum, Ilmu Sosial, Ilmu Pertanian, Sastra, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Akuntansi, Budaya, Psikologi, Sejarah, Bimbingan Konseling, Kesehatan atau rumpun ilmu lainnya untuk pembangunan berkelanjutan. Mulai tahun 2024,<strong> JFM terbit sebanyak 2 kali dalam satu tahun</strong>, yaitu pada bulan <strong>Mei dan November.</strong> JFM diterbitkan oleh Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan, dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang.</p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/article/view/2050Program Kampus Mengajar 6 di SDK Wolowio: Pendampingan dan Pelatihan Adaptasi Teknologi Berbasis Aplikasi Canva2025-05-30T19:18:30+00:00Luxcya Martir Wona Unaluxcyamartirwonauna@gmail.comElisantiNia Endusendu076@gmail.comKristanti Afriliana Dheydheyfanti4@gmail.comViorentina Meo Soromeovira0209@gmail.comMaria Julita Lululululita260@gmail.comDek Ngurah Laba Laksanalaba.laksana@gmail.com<p>Penguasaan teknologi informasi menjadi penting karena setiap pihak yang terlibat didalamnya dituntut mampu beradaptasi dengan aktif dan terus meningkatkan kemampuan berkompetensi, baik dalam dunia kerja maupun dunia Pendidikan. Adaptasi Teknologi memiliki peranan penting dalam mendukung proses kerja terutama dalam mengelola administrasi sekolah. Kegiatan pengabdian ini didasari oleh program Kampus Mengajar Angkatan 6 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengenalan, pemahaman, dan pelatihan adaptasi teknologi berbasis aplikasi canva secara langsung kepada guru di SDK Wolowio. Metode yang digunakan adalah dengan ceramah mengenai materi dasar aplikasi Canva dan praktik langsung melalui tiga tahapan yakni, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada analisis hasil pelaksanaan pengabdian menunjukan bahwa guru di SDK Wolowio yang sebelumnya secara keseluruhan belum memiliki pengetahuan tentang aplikasi Canva, setelah pelatihan ini mereka menjadi tahu fungsi aplikasi canva dalam mengembangkan bahan ajar maupun media pembelajaran lainnya.</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Flobamorata Mengabdihttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/article/view/1377Pendampingan Perkemahan Kepramukaan sebagai Strategi Internalisasi Kedisiplinan dan Pembentukan Karakter Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang2025-05-30T19:20:12+00:00Julhidayat Muhsamjulhidayat.1.muhsam@gmail.com<p>Program pengabdian kepada masyarakat bertujuan: 1) untuk meningkatkan kedisiplinan pada mahasiwa; 2) untuk menanamkan Pendidikan karakter pada mahasiswa. Bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan membuat program pendampingan perkemahan pramuka. Subjek pengabdian adalah mahasiswa semester IV Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang. Pelaksanaan kegiatan melalui beberapa tahapan yaitu analisis situasi; studi literatur; survei; perencanaan kegiatan; pelaksanaan kegitan; dan pembuatan laporan kegiatan. Hasil penelitian Program pembelajaran kepramukaan dapat mengembangkan kedisiplinan dan penanaman nilai karakter lainnya pada mahasiswa dengan cukup optimal. Perkembangan kedisiplinan tersebut berdampak pada keseharian mahasiswa baik dalam sekolah rumah maupun di lingkungan Masyarakat.</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Flobamorata Mengabdihttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/article/view/2048Transformasi Lahan Mini menjadi Kebun Hortikultura Berkelanjutan: Pendekatan Kolaboratif dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan di SDK Boba2025-05-30T19:19:10+00:00Maria Florida Wongataniadongi60@gmail.comMaria Platonia Dongitaniadongi60@gmail.comMaria Ancelina Welewongaariswele@gmai.comFerdinandus Bate Dopoferdinbate@gmail.comElisabeth Tantiana Nguraelisabethngura@gmail.comMaria Yuliana Kuayulianakua03@gmail.com<p>Artikel ini membahas pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim mahasiswa Kampus Merdeka (MBKM) angkatan 6 untuk mentransformasi lahan mini menjadi kebun hortikultura inovatif di Sekolah Dasar Kristen (SDK) Boba, Desa Boba. Melalui langkah-langkah seperti identifikasi tanaman yang sesuai, pembenahan lahan, desain kebun, dan pelibatan aktif mahasiswa, siswa, dan guru, kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kebutuhan pangan lokal. Hasil monitoring dan evaluasi rutin memastikan keberhasilan implementasi dan menciptakan dasar untuk perbaikan berkelanjutan. Dengan demikian, transformasi lahan mini di SDK Boba bukan hanya menciptakan kebun produktif, tetapi juga menjadi model inspiratif bagi sekolah-sekolah sekitarnya dalam mempromosikan keberlanjutan dan ekosistem seimbang melalui pendekatan praktis dan kolaboratif.</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Flobamorata Mengabdihttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/article/view/2051Parenting Skill: Siapkah Menjadi Orang Tua Dambaan Anak di TK Negeri Wudu?2025-05-30T19:17:59+00:00Maria Fransiska Tawa Owaciskatawa@gmail.comBlandina Aziazialda2020@gmail.comMaria Emiliana Teymariaemilianatey195@gmail.comKristina Nenunenukristina@gmail.comMaria Elfrida Egumariaelfrida76@gmail.comYasinta Maria Fonoyasintamariafono@gmail.com<p>Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam aspek pengabdian kepada masyarakat. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat langsung dalam dinamika masyarakat melalui berbagai kegiatan yang bersifat edukatif, partisipatif, dan kolaboratif. Melalui KKN, mahasiswa tidak hanya mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Salah satu lokasi pelaksanaan KKN Kelompok Citra Bakti Ngada adalah Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Wudu. TK Negeri Wudu merupakan lembaga pendidikan yang berfokus pada pengembangan potensi anak usia dini melalui pembiasaan, pengembangan diri, dan penanaman nilai-nilai karakter, seperti tanggung jawab, kemandirian, kecakapan emosional, dan rasa cinta tanah air. Sejalan dengan visi dan misi TK Negeri Wudu, program KKN ini mengusung tema "Parenting Skill: Siapkah Menjadi Orang Tua Dambaan Anak di TK Negeri Wudu?". Program ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam mendidik dan mendampingi anak-anak mereka, khususnya dalam menghadapi tantangan pendidikan di era modern. Melalui serangkaian kegiatan, seperti pelatihan, penyuluhan, dan pendampingan, program ini bertujuan untuk memberdayakan orang tua agar dapat menjadi figur yang ideal bagi anak-anak mereka. Diharapkan, dengan meningkatnya kapasitas orang tua dalam pengasuhan, perkembangan anak-anak di TK Negeri Wudu dapat berlangsung secara optimal, baik dari aspek akademik, emosional, maupun sosial. Program ini juga menjadi wujud nyata kontribusi mahasiswa dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini melalui pendekatan holistik yang melibatkan peran aktif orang tua.</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Flobamorata Mengabdihttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jfm/article/view/2044Pendampingan Literasi dan Seni dalam Meningkatkan Karakter dan Kesadaran Budaya Anak di Desa Wolokisa2025-05-30T19:19:47+00:00Meliana Yosefa Manggusmellymanggus@gmail.comChatarina Derici Mengechatarinadericimenge@gmail.comMaria Yunita Lajoyunilajo53@gmail.comMaria Desidaria Nogeennynoge@gmail.com<p>Pendampingan literasi dan seni anak merupakan upaya strategis dalam membentuk karakter dan memperkuat budaya di kalangan generasi muda, khususnya di Desa Wolokisa. Artikel ini membahas pentingnya literasi dan seni sebagai instrumen pendidikan yang tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai budaya lokal serta memperkuat identitas anak-anak desa. Melalui pendekatan partisipatif, kegiatan pendampingan ini mencakup berbagai aktivitas seperti membaca bersama, mendongeng, menggambar, menulis kreatif, serta pertunjukan seni yang melibatkan kearifan lokal. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan bahwa anak-anak lebih termotivasi untuk belajar, memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi, serta mampu mengekspresikan diri secara kreatif. Selain itu, inisiatif ini juga berkontribusi pada pelestarian budaya setempat dengan melibatkan komunitas dan orang tua dalam proses pendampingan. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa lain dalam upaya membangun generasi muda yang berkarakter dan berbudaya melalui pendekatan literasi dan seni</p>2024-11-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jurnal Flobamorata Mengabdi