Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisa hasil dari beberapa studi primer mengenai pengaruh model inkuiri terhadap berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kajian literatur dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan artikel nasional sesuai fokus kajian, pada tahun 2018-2023. Data dianalisis dengan 3 tahapan yaitu organize, synthesize, dan identify. Hasil kajian ini diperoleh 15 artikel sesuai dengan fokus kajian, yang menyatakan berbagai model inkuiri mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Dari berbagai uji coba model pembelajaran inquiri, menyatakan sangat penting bagi siswa tidak hanya di sekolah, tetapi juga dilingkungan dimana mereka berada, karena inquiri bertumpu pada kemampuan setiap individu untuk memecahkan masalah yang ada dan memunculkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Keywords

Pembelajaran IPA, Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Inkuiri

Article Details

How to Cite
Qondias, D., Endu, E. N., Dhey, K. A., & Un, L. M. W. (2023). PERAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 76-86. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1049