Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token mengalami peningkatan. Jika sebelum menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token pada proses pembelajaran, peserta didik akan duduk diam tanpa berbicara dan memberikan pendapatnya maka setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token peserta didik lebih aktif lagi dalam kegiatan pembelajaran tanpa merasa takut atau malu lagi dalam memberikan pendapatnya. Hal ini juga dapat dilihat pada tes hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I dengan ketuntasan 35% dan rata-rata 62,92 menjadi 85% pada siklus II dan rata-ratanya 78,75. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dapat meningkatkan hasil pelajar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Kupang.

Keywords

Time Token, Hasil Belajar Peserta Didik

Article Details

How to Cite
Nekin, M. Y. L., & Muhsam, J. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 8 MANUSIA DAN LINGKUNGAN KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 KUPANG. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 93-99. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1066