Main Article Content

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah, sejauh mana keaktifan dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) Berbantuan media gambar pada Tema 6 Panas dan Perpindahan. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran dimana siswa dihadapkan pada masalah autentik dalam kehidupan sehari-hari dan menyelesaikan masalah tersebut dalam bentuk kelompok. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC  SD Inpres Oepoi Kupang dengan jumlah siswa 29 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media gambar terlihat pada nilai aktivitas guru pada siklus I 59% siklus II 87%, observasi aktivitas siswa siklus I 51,50 siklus II 80,18% dan lembara kaktifan siswa siklus I 44,83% siklus II 75,86% pada hasil belajar siklus pada Prasiklus 17,24% siklus I 41,38 dan siklus II 82,76, hal ini didukung juga dengan angket respon sisiswa yang suka dengan penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media gambar 89,66% dan tidak suka 10,34%.

Keywords

Problem Based Learning Media Gambar Keaktifan Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Bona, N. S., Hasyda, S., & Wula, Z. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHAN KELAS VSD INPRES OEPOI KUPANG . Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 127-134. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1101