Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran index card match pada tema 8 daerah tempat tinggalku subtema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 1 dan 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC SD Naikoten I kota kupang tahun pelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema 8 daerah tempat tinggalku sub tema lingkungan tempat tinggalku pembelajaran 1 dan 2 melalui startegi pembelajaran index card match di kelas IVC SD Naikoten I kota kupang tahun pelajaran 2022/2023 manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendorong guru, siswa dan peneliti lainya untuk menerapkan startegi pembelajaran index card match. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas IVC yang terdiri dari 17 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil validasi perangkat dan instrumen pembelajaran memenuhu kriteria kevalidaan dan layak untuk digunakan dengan nilai rata-rata validasi yaitu 4,45 dinyatakan sangat valid. Dari hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahawa pada hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 68,47 dengan presentase 41,17% dapat diliahat dari siklus I ini belum mencapai KKM 75 sehingga presentase ketuntasan belum maksimal maka dilanjutkan ke siklus II dengan hasil belajar siswa mencapai rata-rata 90,83 dengan presentase 94,12% berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa memalui steategi pembelajaran index card match pada tema 8 daerah tempat tinggalku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC SD Naikoten I kota kupang tahun pelajaran 2022/2023.

Keywords

Strategi Index Card Match; Hasil Belajar IPA

Article Details

How to Cite
Hasyim, W. W., Ahmad, R. A. R., & Hasyda, S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NAIKOTEN I KOTA KUPANG . Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 163-168. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1102