Main Article Content

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan Ativitas dan Hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS pada materi Indahnya Keragaman di Negeriku  kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kota Kupang Tahun Ajaran 2022/2023 melalui penerapan ini model Student Facilitator and Explaining (SFE). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Yang dilakukan di SD Negeri Oeba 3 dari tanggal 4 sampai  11 Mei 2023 dengan  subjek penelitian yakni siswa kelas IV  SD Negeri Oeba 3 Kupang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan hasil belajar dan lembar observasi dokumentasi dan pengamatan aktivitas belajar peserta didik.Teknik analisis data dilakuan dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) serta perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan LKPD. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil  belajar peserta didik. Aktivitas dan Hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan dari rata-rata. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan adanya penigkatan dari setiap aspek  yang  telah di tentukan. Pada siklus pertama sebanyak nilai presentase ketuntasn 50% dengan kategori belum, 83,91%  dengan   kategori baik sekali. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa  penerapan model Student Facilitator and Explaining (SFE)  Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Tahun Ajaran 2022/2023. Meningkat.

Keywords

Student Facilitator and Explaining Aktivitas Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Takoy, E. M., Tang, B., & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DINEGERIKU KELAS IV SD NEGERI OEBA 3 TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 202-208. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1136