Main Article Content

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah sejaumana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Melalui pembuatan Kincir Angin pada tema 2 sub tema 1 terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kota kupang. Ada pun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media kincir angin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema sumber energi kelas IV SD Muhammadiyah 2 kupang. Manfaat dalam penelitian ini adalah: (1). Bagi peserta didik, (2). Bagi Guru, (3). Penelitian lanjut penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas ( PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni, tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Muhammadiyah 2 kupang. Data penilitian ini di peroleh melalui obsevasi dan tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan teknik nalisis deskripsi kualitatif. Peneliti bertujuan untuk menjawab rumusan masalah penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada sub tema sumber energi di SD Muhammadiyah 2 kupang. berdasarkan perbandingan presentase aktivitas peserta didik pada siklus I dan II diketahui bahwa tingkat aktivitas peserta didik saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin pada materi sumber energi angin mengelami peningkatan dari nilai aktivitas peserta didik 47% pada siklus I, Dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas guru 62,22% pada siklus I meningkat menjadi 83,33%. rata-rata dan presentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik juga mengelami peningkatan dari, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I  67,5% dengan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 40% pada tindak siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 90,5% dengan presentase ketuntasan 90%. maka dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan kincir angin secara benar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Keywords

Project Based Learning (PjBL) Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Lau, R. D., Tang, B., & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI PEMBUATAN KINCIR ANGIN PADA TEMA 2 SUB TEMA 1 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KOTA KUPANG. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 215-221. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1137