Main Article Content

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah dasar sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan sulit dipahami oleh siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton menjadi salah satu faktor. Tulisan ini bertujuan untuk menelaah penggunaan media game based learning untuk meningkatkan motivasi pembelajaran IPA di SD. Media GBL adalah media pembelajaran yang menggunakan game sebagai alat untuk mengajarkan materi. Media GBL dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Metode yang dipergunakan adalah literature review yang bersumber google scholar dalam jangka 5 tahun terakhir (2019-2023). Hasil dari penelitian ini diperoleh data dari database scholar.com dengan kata kunci penggunaan media game based learning untuk meningkatkan motivasi pembelajaran IPA sebanyak 5.970 artikel dan 9 artikel yang memenuhi kriteria inklusi untuk dilakukan analisis. Penggunaan media GBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA karena media GBL dapat menarik perhatian, meningkatkan pemahaman siswa dan menjadikan pembelajaran IPA lebih menyenangkan sehingga siswa lebih berpartisipasi dalam pembelajaran.

Keywords

Media GBL, Motivasi Belajar

Article Details

How to Cite
Angelika, M., Ayu Saputri, S., & Lestari, R. (2023). STUDI LITERATUR ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA DI SD. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 257-265. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1329