Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar siswa dengan  menerapkan model pembelajaran  Pair check  berbantuan media kancing bermuatan  pada materi bilangan bulat kelas IV UPTD SDN Bertingkat Naikoten Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah pwenelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes akhir siklus. Teknik analisis data adalah teknik anlisis data deskriptif kualitatif, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar soal dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada peserta didik secara individu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV UPTD SDN Bertingkat Naikoten. Setelah menerapkan model pembelajaran Pair Check berbantuan media kancing bermuatan aktivitas siklus I mencapai 55% dengan kategori kurang baik dan siklus II mencapai 92,14% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 62,14% dengan kategori baik dan siklus II mencapai 95% dengan kategori sangat baik. Adapun nilai hasil belajar siklus I yang dimana peserta didik yang tuntas 13 anak pada pencapaian 46,42% dan peserta didik yang tidak tuntas 15 anak pada pencapaian 53,57%. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II peserta didik yang tuntas adalah 27 anak dengan pencapaian 96% dan peserta didik yang tidak tuntas 1 anak dengan pencapaian 4%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Pair Check berbantuan media kancing bermuatan dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV UPTD SDN Bertingkat Naikoten.

Keywords

Pair Check Kancing Bermuatan Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Deni Seran, D., Ralmugiz, U., & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA KANCING BERMUATAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT KELAS IV UPTD SDN BERTINGKAT NAIKOTEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 297-305. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1367