Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada 12 Juni 2023 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran IPA tema 8 Siklus Air kelas V SD Inpres Labat Tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media AudioVisual. Subjek penelitian ini adalah 19 orang peserta didik kelas V SD Inpres Labat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Kriteria keberhasilan dalam dalam penelitian ini yaitu 80% dari jumlah siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas peserta didik mengalami peningkatan tiap siklusnya. Siklus I aktivitas guru pada pertemuan I dan II dengan presentase 63%  dan aktivitas peserta didik siklus I pada pertemuan I dan II dengan presentase 62% pada siklus II meningkat aktivitas guru pertemuan I dan II dengan presentase 86% dan peserta didik siklus II pertemuan I dan II dengan presentase 81%. Selain itu hasil belajar peserta didik siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan dengan presentase yang tuntas pada siklus I yaitu 26,31% dengan rata-rata 67,36% dan pada siklus II dengan presentase 84,21% dengan rata-rata 84,21% yang tuntas dengan kategori sangat baik.

Keywords

Project Based Learning Kemampuan Pemecahan Masalah

Article Details

How to Cite
Lentcaid Lomi, D., Nuriyah, & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TEMA 8 LINGKUNGAN DAN SAHABAT KITA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES LABAT TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 306-313. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1368