Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang mata pelajaran IPA, dari hasil observasi pra siklus sejauh ini sudah berupaya untuk menggunakan model pembelajaran probing promting untuk melaksanakan capaian pembelajaran tetapi masih banyak yang belum mencapai KKM 70. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, tema 6 panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SDN Oesapa Kecil 2 Kupang melalui penerapan model pembelajaran probing promting. Teknik pengumpulan data observasi, tes hasil belajar dan angket.Teknik analisis data data tes,  data observasi  dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siklus I ialah 47,36%. Pada siklus II 78.94%. Hal ini kriterianya mencapai ketuntasan yang sangat baik yang sudah mencapai indikator keberhasilan  nilai rata-rata diatas KKM 70>80% dari jumlah siswa 19 orang. Dapat disimpulkan bahwa penerapan  model pembelajaran Probing Promting dalam meningkatkan hasil bealajar siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya pada siswa kelas V SD Negeri Oesapa Kecil 2 Kupang Tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

Probing Promting Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Anjarwati Minta, N., Nuriyah, & Hasyda, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI OESAPA KECIL 2 TAHUN AJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 337-343. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1371