Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, indikator keberhasilan 75% dan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) skor aktivitas guru siklus I mencapai 68,88. Dan siklus II mencapai 82,77 pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa  siklus I mencapai 60,11 dan siklus II mencapai 87,33. Adapun  nilai hasil belajar  siswa siklus I yang dimana siswa yang tuntas 12 anak dengan presentase 70,25 % dan siswa yang tidak tuntas 8 anak  dengan presentase ketidak tuntasan 40 %. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana siswa yang tuntas ada 20 siswa dengan pencapaian 100 % dan tidak tuntas 0 %. Hal ini membuktikan bahwa . Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu.

Keywords

Strategi Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer; Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Djou, S. N., Nuriyah, & Aiman, U. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SDN Nunbaun Sabu Kupang . Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 374-384. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/1383