Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini bertujuan (1) untuk  mengetahui penerapan  model  pembelajaran Example Non Example pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku subtema 1 keragaman suku bangga dan agama di negeriku pembelajaran ke-1 jenis-jenis gaya di kelas IV SDN Oeba 3 Kupang. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik tema 7 Indahnya keragaman di negeriku sub tema 1 keragaman suku banggsa dan agama di negeriku pembelajaran ke-1 jenis-jenis gaya kelas IV SDN Oeba 3 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Oeba 3 kupang  tahun  pelajaran  2022/2023  yang  terdiri  dari  14  siswa.  Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini  adalah  kuantitatif  untuk  mengetahui aktifitas  hasil  belajar  siswa Hasil penelitian menunjukan/mengunakan/1model/1pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV subtema I keragaman suku bangsa dan agama di negeriku SDN Oeba 3 Kupang. Peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65,35. Kemudian pada siklus II dengan rata-rata adalah sebesar 75,71. Hasil ini telah mencapai target skor KKM yang di tetapkan yaitu 70. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema I keragaman suku bangsa dan agama di negeriku SDN Oeba 3 Kupang. Tahun pelajaran 2022/2023

Keywords

Example non Example., Hasil Belajar

Article Details

How to Cite
Wula, Z., & Leto, E. A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN SD NEGERI OEBA 3 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(1), 26-31. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/960