Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami isi teks dengan menerapkan metode pembelajaran speed reading pada siswa kelas V SD Inpres Oepoi. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menujukan bahwa kemampuan membaca siswa dalam memahami isi teks di kelas V SD Inpres Oepoi setelah menerapkan metode pembelajaran speed Reading aktivitas guru siklus I mencapai 70% dan siklus ke II mencapai 92% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I mencapai 60% dan siklus II mecapai 93%. Adapun nilai hasil tes kemampuan membaca siswa dalam memahami isi teks siklus I yang dimana siswa yang tuntas 7 pada pencapaian 42,% dan siswa yang tidak tuntas 10 pada pencapaian 58,%. Sedangkan nilai kemampuan membaca siswa dalam memahami isi teks pada siklus ke IIĀ  dimana siswa yang tuntas ada 14 siswa dengan pencapaian 82,% dan tidak tuntas 5 siswa dengan pencapaian 17,%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam memahami isi teks di kelas V SD Inpres Oepoi.

Keywords

Speed Reading. Kemampuan Membaca

Article Details

How to Cite
Ahmad, R. A. R., & Seran, F. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS DI KELAS V TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SD INPRES OEPOI TAHUN AJARAN 2021/2022. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(2), 39-47. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jim/article/view/961