Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah MIN Ternate; 2) Pelaksanaan supervisi akademik dari kepala sekolah MIN ternate; 3) Penilaian dan menindaklanjuti supervisi akademik dari kepala sekolah MIN Ternate. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diambil dengan observasi, wawancara, dan dokumen sekolah. Dan sumber datanya dari kepala madrasah, wakil kepala sekolah, guru wali kelas, dan guru. Analisis data penelitian menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah MIN Ternate membangun strategi dalam perencanaan pengawasan akademik, strategi dibangun maka kekuatan akan terbentuk. Membangun strategi dalam
perencanaan pengawasan akademik melalui program pembinaan, program implementasi. Pelaksanaan pengawasan akademik sebagai pelaksanaan dari tugas dan fungsi sebagai pengawas dalam dimensi pengawasan dengan pendekatan dan program pribadi untuk membangun semangat guru dalam mengajar. Strategi yang dibangun dalam pelaksanaan supervisi akademik dimulai dengan memeriksa administrasi pembelajaran, menggunakan teknik kunjungan kelas, observasi kelas, observasi dalam proses pembelajaran, percakapan pribadi dan kelompok. Penilaian pengawasan akademik sebagai implementasi fungsi pengawas dalam dimensi penilaian. Strategi kepala sekolah untuk menindaklanjuti hasil pengawasan akademik untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar melalui pembinaan langsung dan tidak langsung seperti: memberi peringatan atau melakukan kegiatan pengiring kurikulum.