Main Article Content

Abstract

Dalam Penelitian ini dideskripsikan langkah-langkah supervisi oleh kepala sekolah melalui supervisi internal secara periodik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun dan membuat perencanaan pembelajaran harian Inovatif (RPPH Inovatif). Penelitian ini dilakukan  terhadap guru-guru kelas dan mata pelajaran sebagai pengawas di sekolah tersebut terhitung mulai bulan Januari  2023 sampai dengan Juni 2023. Rancangan penelitian ini meliputi : perencanaan, melaksanakan tindakan, observasi (pengamatan)  dan refleksi. Hasil refleksi ini digunakan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan melanjutkan atau menghentikan penelitian. Penelitian dilakukan melalui siklus I dan siklus II. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru meningkat dalam menyusun RPP Harian  Inovatif. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan  kompetensi guru sebesar : 41,98 % (Kondisi Awal : 56.79  % dan Siklus II 98.77 %). Dapat simpulkan bahwa kompetensi  guru   meningkat dalam membuat RPP Harian  Inovatif melalui supervisi internal kepala sekolah

Keywords

Kompetensi, Guru, RPP, Inovatif, Supervisi Internal, kepala sekolah

Article Details

How to Cite
Nawawi, I. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MEMBUAT RPP HARIAN INOVATIF MELALUI SUPERVISI INTERNAL KEPALA SEKOLAH DI MIS FATHUL MUBIN NAMOSAIN KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(2), 1-7. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/1317

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: PT. Rineka Cipta
  2. Kemendikbud, 2014. Peraturan Mendikbud nomor 143 tahun 2014 tentang petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional pengawas sekolah dan angka kreditnya. Jakarta : Kemendikbud RI
  3. Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
  4. Sugiyono, 2009, MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D, CV Alfabeta: Bandung.
  5. Sukmadinata, N.S. 2004. Pengembangan Kurikum; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.Sahertien, P.A. 2008. Konsep Dasar dan TeknikSupervisi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta
  6. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
  7. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  8. Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru,Jakarta: Yrama Widya