Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemudian mengetahui kemampuan komunikasi matematis secara tertulis pada siswa kelas VII SMPN Cokroaminoto Kalabahi pada materi bilangan bulat dan pertidaksamaan linear satu variabel. Subjek pada penelitian ini diambil 2 orang mewakili subjek berprestasi tinggi, 2 orang mewakili subjek berprestasi sedang dan 2 orang mewakili subjek yang berprestasi rendah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik secara tertulis pada subjek berprestasi tinggi menempati kategori baik dengan skor perolehan untuk kemampuan komunikasi matematis adalah 3. Subjek prestasi tinggi mampu menyelesaikan soal dengan baik walaupun memerlukan sedikit tambahan waktu. Sedangkan subjek prestasi sedang menempati kemampuan komunikasi matematis cukup baik dengan skor perolehan 2. Kebanyakan subjek mampu mengkomunikasikan tetapi belum bisa maksimal yakni langkah-langkah mengerjakannya masih keliru pada hasil akhirnya. Untuk subjek
prestasi rendah menempati kemampuan komunikasi matematis kurang baik dengan skor perolehan 1 karena siswa belum maksimal dan belum mampu mengkomunikasikan pekerjaannya dengan baik saat mengerjakan soal dengan tingkat kesulitan yang agak tinggi pada materi bilangan bulat dan pertidaksamaan linear satu variabel.