Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam matematika. Pemecahan masalah melatih siswa untuk dapat menyelesaikan masalah matematika yang dihadapinya. Kemampuan dalam memecahkan masalah harus dilatih secara terus menerus agar siswa lebih terbiasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dengan langkah pemecahan masalah polya. Pada penelitian ini, siswa dikelompokkan menjadi tiga tingkatan sesuai dengan kemampuan pemecahan masalahnya. Tingkatan 3 yaitu mampu dalam pemecahan msalah, tingkatan 2 yaitu cukup mampu dalam pemecahan masalah, dan tingkatan 1 yaitu kurang mampu memecahkan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII IPA 1 MAN Kalabahi yang berjumlah 32 orang dan dipilih 6 orang untuk wawancara sesuai dengan tingkatannya. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitiannya adalah terdapat 3 orang siswa yang berada pada tingkatan 3 pemecahan masalah, 12 orang di tingkatan 2 dan 17 orang di tingkatan 1. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang kemampuan pemecahan masalahnya masih sangat rendah.