Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika dan untuk mengetahui proses pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran matematika, serta untuk mengetahui penilaian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di MAN Kalabahi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS1 MAN Kalabahi. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran matematika, khususnya pada materi integral. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai-nilai karakter yang dikembangkan antara lain, rasa ingin tahu, mandiri, kerja keras dan jujur. Nilai-nilai tersebut tercantum di dalam Silabus dan RPP. Proses pendidikan karakter sudah terlaksana dalam pembelajaran matematika. Penilaian pendidikan karakter dicantumkan pada nilai afektif siswa berdasarkan nilai karakter yang diterapkan siswa, serta keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Keywords

Nilai-nilai karakter dan pembelajaran matematika

Article Details

How to Cite
Abdul Pakdin Balikh, R. (2020). Pendidikan Karakter Pada Proses Pembelajaran Matematika di MAN Kalabahi Alor Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(1). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/19