Main Article Content

Abstract

Adapun tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan GPAI dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas melalui supervisi klinis di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kupang. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah/madrasah yang secara umum dalam penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses penilaian kelas guru mata pelajaran Al-qur`an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak dan SKI  pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus melalui empat tahap yakni tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Terjadi peningkatan kemampuan GPAI dalam melaksanakan penilaian melalui pembinaan  supervisi  klinis dari siklus I sebesar  68,34 dengan kategori cukup ke siklus II sebesar 81,67 dengan kategori baik; (2) Guru mata pelajaran Al-Qur`an Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlak dan SKI  di MIS Al-Fitrah Oesapa Kota Kupang   yang  disupervisi  klinis  seluruhnya memiliki kategori baik.

Keywords

Kemampuan Guru, Supervisi Klinis

Article Details

How to Cite
Husni, M. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Supervisi Klinis di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Fitrah Kota Kupang . Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(2). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/25