Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik pada Kelas XII SMA Negeri 1 Kupang Timur pada materi Iman pada Hari Akhir. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya ketuntasan  belajar siswa pada materi Iman pada Hari Akhir  yang merupakan salah satu materi pada aspek keimanan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sharing dan Media Audio Visual diimplementasikan sebagaial ternatif pemecahan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus dan subjek penelitian Kelas XII yang jumlah seluruhnya 22 orang. Setiap siklus meliputi 4tahap: (i) perencanaan (ii) pelaksanaan tindakan (iii) 0bservasi (iv) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui Sharing dan Media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kupang Timur. Untuk hasil belajar siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 55% dan daya serap klasikal sebesar 69,3%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 91% dan daya serap klasikal sebesar 80,5%. Hal ini menunjukan bahwa peserta didik sudah melewati standar ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan. Untuk hasil observasi aktivitas peserta didik dan guru pada siklus I berada pada kategori kurangbaik, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik dan sangat baik

Keywords

Peningkatan, Hasil Belajar Siswa, Sharing dan Media Audio Visual

Article Details

How to Cite
Kapa, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Timur Melalui Sharing Dan Media Audio Visual Pada Materi Iman Pada Hari Akhir. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(2). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/26