Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru sosiologi terhadap prestasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas mengajar guru sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (Library Research atau di sebut dengan penelitian perpustakaan), dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data berupa artikel dan buku. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan mengkategorikan data, kemudian melakukan pengodean (coding) berdasarkan kategori-kategori yang ditetapkan dan pemeriksaan keabsahan data yang relevan.          


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulakan sebagai berikut: 1) Kreativitas mengajar guru sosiologi berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, hal ini diketahui dari hasil analisis artikel yang peneliti lakukan;2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas mengajar guru diantaranya faktor kedisiplinan guru, kelengkapan sarana prasarana, kecerdasan guru, tingkat pendidikan guru, keterampilan mengajar guru.

Keywords

Kreativitas, Guru, Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Ngongo, emanuel. (2020). PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU SOSIOLOGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 5(2), 9-18. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/265

References

  1. Agustina, T, 2017. Pengaruh kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas VIII MTs Negeri Galur Tahun Ajaran 2016/2017
  2. Andika,K, suparno, dan Ari Saptomo. 2016. Pengaruh Kreatiitas Guru dalam Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa kelas X di SMA Negeri 89 Jakarta. Jurnal Ilmiah Econosains Volume 14 Nomor 1
  3. Adirestuty, 2016. Pengaruh self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Volume 4 Nomor 1
  4. Arna Wati, 2019,.Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sman 11 Sinjai
  5. Aldo Antonius Jouwe, Risya Pramana Situmorang, Santoso Sastrodihardjo, 2018, Hubungan Antara Kreativitas Guru Biologi Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma Kota Salatiga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 3 (2)
  6. Amir Hamzah, M.A., 2020. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research).Judul buku metode penelitian kepustakaan (Library Research)
  7. Anjani, F. (2020). Teori Pembelajaran Konstruktivistik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi di SMA. Sociological Education, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.12345/socioedu.v1i1.233
  8. Arifin, A. (2019). Penumbuhan Budi Pekerti Melalui Penguatan Budaya Sekolah di SMA Negeri 5 Kupang. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.22460/p2m.v6i1p1-13.1247
  9. Bola, Y. N. (2020). Pengaruh Penerepan Metode Karyawisata Terhadap Pembelajaran Sosiologi. Sociological Education, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.12345/socioedu.v1i1.237
  10. Fauzi Monawati, 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar vol 6, No 2
  11. Febriandari,E , I, Khakim, Endah Pratama, 2018. pengaruh Kreatifitas Guru dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 3 Nomor 4
  12. La Hadisi, Wa Ode Astina dan wampika. 2017. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Daya Serap Siswa di SMK Negeri 3 Kendari. Volume 10 Nomor 2
  13. Jumiarti, dan Daulay,2019. Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di Smpn 1 Desa Pekan Sabtu Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. n07, No.
  14. Juandi, dan Sontani, 2017. Ketrampilan dan KreativitasMengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, Volume 2 Nomor 2
  15. Karyati, 2016. Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Tematik. Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora Volume 1 Nomor 2
  16. Lusia, Junaidi, H, Matsum, Maria ulfah, 2017. Analisis Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma.
  17. Mardatillah, Baharudddin paloloang, Bakri. 2018. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Negeri 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 6 Nomor 1
  18. Masturdin, 2016. Kreatiitas Guru Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di Mtsn Rukoh Darussalam Banda Aceh.Volume 5, Nomor 2
  19. Novrianti, dkk. 2015/2016. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Pekanbaru.
  20. Niah Elfita Sari. 2018. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Menghafal Siswa di SD IT AN-Nida Kota Lubuklinggau. al-Bahtsu: Volume 3 Nomor 1
  21. Nimury, R, 2019. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbarum.
  22. Oktavia, 2014. Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.Jurnal vol 2, No 1
  23. Pebrianto, dkk. 2015. Pengaruh Kreativitas Guru Mengajar dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Prestasi Siswa kelas XI Jurusan IPS di SMAN Karubaga Kabupaten Tolikara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Volume 9 Nomor 2
  24. Rinto Hasiholan Hutapea, 2020. Kreativitas Mengajar Guru Sma Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid 19. journal.sttsimpson.ac.id/index.php/DJC E .Vol. 1, No. 1
  25. Reski Ramadani1), St. Hasmiah Mustamin 2), Ridwan Idris, 2017. Hubungan Antara Kreativitas Guru Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Volume 5, Nomor 1
  26. Sindang Sari dan Omar Hendro, 2017.Pengaruh Kreativitas, Komunikasi, dan Kepemimpinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMP Negeri di Kecamatan Ilir Timur II Palembang.Volume 2 Nomor 1
  27. Syahrul, & Djaha, S. S. M. (2020, Oktober 15). Pluralism Consciousness for Students at Muhammadiyah University of Kupang Through Multicultural Education. 166–173. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201015.026
  28. Syahrul, S., Arifin, A., Datuk, A., Almu, F. F., & Ramlah, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Literasi Kearifan Lokal di Mas Al-Hikmah Soe Nusa Tenggara Timur. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 371–379. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3628
  29. Tahir, dan Marniati, 2018. Pengaruh Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Kasus di MAN 1 Kolaka) Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang Volume 2, No. 2
  30. Tri Ani Oktaria, Riswan Jaenudin, dan Rusmin AR, 2017. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma N 1 Muara Padang Banyuasin Sumatera Selatan. 146JURNAL PROFIT VOLUME 4, NOMOR 2
  31. Un, O. (2020). Dampak Globalisasi Terhadap Gaya Hidup Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kota Kupang. Sociological Education, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.12345/socioedu.v1i1.231
  32. Wahyuni, S, 2015. Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap prestasi Belajar Di Sma Negeri 8 Konsel Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan.
  33. Zuliawati, N 2016. Pengaruh Kreativitas Dan Motivasi Kerja TerhadapProdutivitas Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Sekecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam1,23-38.