Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kupang dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 5 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Kupang. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang semakin meningkat pada setiap siklus, yaitu dari pra-tindakan 38,23%, meningkat menjadi 61,77% pada siklus I dan 88,23% pada siklus II.

Keywords

Kooperatif, STAD, Hasil belajar.

Article Details

How to Cite
efrasia, maria. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI KELAS X IPS SMA NEGERI 5 KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 5(2), 34-41. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/279

References

  1. Arikunto, S.dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Ariyanti, T. (2015).Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X IIS 5 SMA AL Islam 1 Surakarta.Sosialitas.Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant.Volume 7 Nomor 2 halaman 3-6.
  3. Arifin, A. (2018). UPAYA PENUMBUHAN NILAI BUDI PEKERTI PADA SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KOTA KUPANG. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN IV, 0(0), 169–177. Diambil dari http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/172
  4. Arifin, A. (2019). The Role of MGMP Civic Education in Improving Professional Competence of Teacher. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 249–264. https://doi.org/10.25217/ji.v4i2.557
  5. Dadang, (2012).Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement DivisionsBagi Siswa Kelas V SDN 02 Sumborejo Wonosobo. Skripsi S1. Tidak diterbitkan.Tersedia di http://dadankpgsd.blogspot.com/2012/01/skripsi.html .Diaksestanggal 09 Desember 2019.
  6. Esminarto, dkk. (2016).Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual.Volume 1 Nomor 1 halaman 19-20.
  7. Fais, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Motivasi, Dan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI I.IS 4 SMA Negeri 1 Gombong Tahun Pelajaran 2014/2015. Sosialitas.Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant. Volume 7 Nomor 2 halaman 5-6.
  8. Hartono, J. 2018. Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  9. Hudha, M. B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 1 Piyungan. Skripsi.Tidak diterbitkan.Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/19566/1/Muhammad%20Bill%20Hudha%2010208241028.pdfdiakses tanggal 09 Desember 2019.
  10. Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  11. Isjoni, H. (2007). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
  12. Karimah, S. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.Volume 1 Nomor 1 halaman 72-73.
  13. Kokom, K. (2014).Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasih.Bandung: Refika Aditama.
  14. M. Kadar, 2014. Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 001 Kasikan TP.2013/2014.Makalah tersedia di: http://kumpulanmakalahilmiah.blogspot.com/2014/11/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif.html diakses tanggal: 09 Desember 2019.
  15. Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  16. Salirawati, Das, 2011. Analisis Data PTK. Makalah disampaikan pada Kegiatan Workshop Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam rangka Lustrum ke-3 SMA N 1 Mlati, Sleman, tanggal 7 Mei 2011 di Lab Fisika SMA N 1 Mlati. tersedia di: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001805/pendidikan/Teknik+Analisis+data+PTK+Mlati_0.doc diakses tanggal 09 Desember 2019.
  17. Shofiya, A.R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 3 SMAN 3 Wonogiri.Sosialitas.Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant. Volume 3 Nomor 2 halaman 3-5.
  18. Syahrul, & Djaha, S. S. M. (2020, Oktober 15). Pluralism Consciousness for Students at Muhammadiyah University of Kupang Through Multicultural Education. 166–173. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201015.026
  19. Syahrul, S. (2020). Menanamkan Kemuhammadiyaan Pada Mahasiswa Non-Muslim Melalui Pendidikan Multikultural di Universitas Muhammadiyah Kupang. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.643
  20. Syahrul, S., & Kibtiyah, M. (2020). Problematika Pendidikan Anak Jalanan: (Studi Anak Penjual Koran di Kota Kupang). Jurnal Basicedu, 4(4), 1336–1349. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.531