Main Article Content

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh orang tua dalam penanggulangan dampak Negatif Handphone pada siswa di Madrsah Aliyah Negeri Kota Kupang dan bagaimana respon siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang dalam penanggulangan dampak Negatif Handphone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua terhadap penanggulangan dampak Negatif Handphone pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian ini berlokasi  di Madrasah Aliyah Negeri  Kota Kupang, Jalan Lapangan Tembak No.17, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.


                Hasil penelitian ini diperoleh besarnya korelasi 0,000 dengan signifikan 0,000. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel Orang Tua terhadap Penanggulangan Dampak Negatif Handphone Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang.  Terdapat 43,2% variabel Dampak Negatif Handphone dipengaruhi oleh Orang Tua Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang, selainnya sebesar 56,8% dipengaruhi oleh variabel lain Sisanya dapat didukung oleh faktor lain-lain seperti faktor dalam diri siswa, lingkungan, pergaulan, dan lain sebagainya.


Respon yang ditunjukan siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Kota Kupang sangat baik dan banyak dari mereka setuju bahwa handphone memiliki dampak negetif yang mempengaruhi prestasi belajar serta kehidupan sosial mereka sehari-hari.

Keywords

Dampak Handphone, Siswa, Orang Tua

Article Details

How to Cite
Nobisa, J. (2020). PENGARUH ORANG TUA DALAM MENANGGULANGI DAMPAK NEGATIVE HANDPHONE PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 5(2), 50-62. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/288

References

  1. Abu Ahmadi dan Nur uhbiyati. 2007. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Abudin Nata. 2005. Pendidikan dalam Prespektif Al-Qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press.
  3. Ahmadi, Abu. 1982. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu
  4. Arikunto, S., 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.
  5. Azwar, S., 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  6. Ameliola, S. Nugraha, D.H. 2013. Perkembangan Media Teknologi dan Informasi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi.Skripsi (Publish). Malang: Universitas Brawijaya.
  7. Bungin, Burhan, 2009. Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana
  8. Damanik Elwida. 2014. Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap Perilaku Seks Remaja. Skripsi (Publish). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  9. Danim, Sudarwan. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
  10. Daradjat, Zakiah, 1995. “Pendidikan Islam Dalam Keluarga dan Sekolah”.Jakarta: Ruhama
  11. Desmita, 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  12. Dwi Priyatno, Mandiri Belajar SPSS, (Yogyakarta: Mediakom, 2009), hal. 43
  13. Endraswara, Suwardi. 2002. Filsafat dan Ilmu Konsep, Sejarah dan Pengembangan Metode Ilmiah.Yogyakarta:Capas.
  14. Endraswara, Suwardi. 2003. Metodelogi Penenlitian. Yogyakarta:Pustaka Widyatama.
  15. Effendi, Sofian. 2014. Metode Penelitian Survey. Jakarta : LP3ES.
  16. Elly. Kolip Usman. 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana.
  17. Fathoni, A.R. 2017. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini, (Online), (http://www.artikelcakep.top/2017/10. Diakses 12 Januari 2019).
  18. Fuaduddin. 1999. Pengausuhan Anak Dalam Keluarga Islam. Jakarta : Lembaga Kajian Anak.
  19. Gozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  20. Hadari Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011), hal. 117
  21. Hanani, M. 1995. Hubungan antara Minat Terhadap Media Erotika dengan Perilaku Seks pada Remaja. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
  22. Herlina, Lina. 2007. Membangun Komunikasi Orang Tua dan Guru. (Online), (http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/012007/03/99forumguru.htm, diakses tanggal 20/01/2019.
  23. https://tafsirweb.com/11010-surat-at-tahrim-ayat-6.html diakses tanggal 20/01/2019
  24. Joki, M.S. 2009. Perilaku Menyimpang. Jakarta:Indeks.
  25. Lesmana, C. 1995. Pornografi dalam Media Masa. Jakarta: Puspa Swara.
  26. Muhammad Ali Gunawan, Statistik Untuk Penelitian Pendidikan, (Yogyakarta, Pertama Publishing: 2013), Cetakan Pertama, Hal 159
  27. Nuraini, Soyomukti.2002. Teori Pendidikan.Yogyakarta: Cetakan I
  28. Pasal 1 Ayat (2), UU No. 4 Tahun 1974 Tentang Kesejahteraan Anak.
  29. Poerdaminta. WJS. 2012. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
  30. Sanapiah faisal, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1982), hal. 151
  31. Sardiman, 2013. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar . Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  32. Satijan. 2004. Peran Aktif Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Anak.
  33. Setiadi, M. Elly. 2011. Pengentar Sosiologi . Jakarta : Kencana.
  34. S. Siahaan, M, Jokie. 2010. Perilaku Menyimpang. Jakarta : Indeks.
  35. Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Keluarga. Jakarta : Rinika Cipta.
  36. Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar . Jakarta :Raja Grafindo.
  37. Sugiyono. 2009. “ Metode Penelitian Pendidikan” . Bandung : Alfabeta.
  38. Sunardi Nur, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011), hal. 76.
  39. Wallace, P. 1999. The Psycologi of Internet. Cambridge : Cambridge University press.