Main Article Content

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik  tentang tatacara berwudhu dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas 2  semester 1 di SDI Oepoi Kecamatan Oebobo Kota Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui observasi. Kegiatan observasi di lengkapi dengan instrument observasi. Indikator keberhasilan penelitian apabila peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yakni 70. Data dianalisis menggunakan teori yang dikemukan oleh Suharsimi Arikunto. Beradasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik tentang tatacara berwudhu melalui mengurutkan rukun wudhu dari siklus I sebesar 61% dengan kategori cukup, ke siklus II sebesar 77,08% dengan kategori baik; (b) dari 12 orang peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas ini 10 orang dinyatakan tuntas belajar dan  nilai rata-rata yang diperoleh adalah 83%, sedangkan 2 orang peserta didik dinyatakan tidak tuntas dalam belajar karena masing-masing mendapat nilai 65% (kategori cukup) dengan  nilai rata-rata 17%. Untuk nilai rata-rata kelasnya adalah 77,08%; (c) berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh oleh 12 orang peserta didik dalam penelitian tindakan kelas ini adalah 77,08% dengan kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa  melalui mengurutkan rukun wudhu dalam proses  pembelajaran tentang tatacara berwudhu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2  semester 1 di SDI Oepoi Kecamatan Oebobo Kota Kupang tahun pelajaran 2017/2018.

Keywords

Hasil belajar, mengurutkan wudhu

Article Details

How to Cite
Sanawati. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Tata Cara Berwudhu Melalui Mengurutkan Rukun Wudhu Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SD Inpres Oepoi Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(2). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/29