Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pembuatan SRA di SD Inpres Liliba Kota Kupang; untuk mengetahui pelaksanaan program SRA di SD Inpres Liliba Kota Kupang; untuk mengetahui program SRA dalam pembentukan nilai/karakter peserta didik SD Liliba Kota Kupang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, angket, wawancara, ujian, dan dokumentasi. Teknik pengujian data melalui empat kriteria yang dikemukan Lincoln dan Guba dalam Bungin (2010:59) diantaranya: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan program sekolah ramah anak di SD Inpres Liliba Kota Kupang berlangsung dengan baik yang dapat dilihat dari keaktifan guru dalam membimbing peserta didik melaksanakan semua bentuk kegiatan sebagai penerapan program sekolah ramah anak; (2) tahap perencanaan program SRA di SD Inpres Liliba terlaksana dengan baik dan menghasilkan program kerja melalui 12 alternatif pemecahan masalah dengan sasaran utama pada penerapan nilai-nilai kehidupan oleh guru dan peserta didik; (3) rencana Program SRA di SD Inpres Liliba Kota Kupang dilaksanakan dengan baik karena keterlibatan peserta didik SD Inpres Liliba yang mampu menerapkan nilai-nilai yang ingin diciptakan lewat program SRA; (4) beberapa perilaku negatif terbukti menurun secara signifikan sejak pelaksanaan program SRA dari Tahun 2005 sampai tahun 2012.

Article Details

How to Cite
F. Banamtuan, E. (2020). Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak (SRA) Berbasis Nilai di SD Inpres Liliba Kota Kupang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 4(1). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/32