Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apakah penggunaan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas, dengan tahapan pelaksanaan terdiri atas pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan tahapan operasional meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Analisa hasil belajar siswa dilakukan dengan menghitung rata-rata kelas serta ketuntasan menjawab nomor soal, yang dibandingkan dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan rangkaian proses penelitian mata pelajaran matematika pokok bahasan trigonometri di kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Kupang, hingga analisis data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dengan pendekatan tutor sebaya pada pembelajaran ini efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada setiap tahapan pembelajaran, dan sikap kerja sama saling menolong antar teman sekelas sebagai satu komunitas sosial yang kecil, serta memacu keterbukaan akan kelemahan diri untuk dibantu menuju kesuksesan.