Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apakah penggunaan pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas, dengan tahapan pelaksanaan terdiri atas pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan tahapan operasional meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Analisa hasil belajar siswa dilakukan dengan menghitung rata-rata kelas serta ketuntasan menjawab nomor soal, yang dibandingkan dengan standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarkan rangkaian proses penelitian mata pelajaran matematika pokok bahasan trigonometri di kelas XI IPA-2 SMA Negeri 8 Kupang, hingga analisis data hasil  penelitian  maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dengan pendekatan tutor sebaya pada pembelajaran ini  efektif meningkatkan  prestasi belajar siswa pada setiap tahapan pembelajaran, dan sikap kerja sama saling menolong  antar teman sekelas sebagai satu komunitas sosial yang kecil, serta memacu keterbukaan akan kelemahan diri untuk dibantu menuju kesuksesan.

Keywords

Hasil Belajar, Pendekatan Tutor Sebaya

Article Details

How to Cite
Nurak, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA-2 SMAN 8 Kupang Pada Pembelajaran Matematika Topik Trigonometri Melalui Pendekatan Tutor Sebaya. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 4(1). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/37