Main Article Content

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  diperolehnya  informasi  tentang  hasil  belajar  siswa  pada materi  pemilihan presiden–wakil presiden dan pemilukada kelas VI GMIT Oebelo Kabupaten Kupang  setelah  menerapkan metode pembelajaran  cooperativ learning.  Instrumen  dalam  penelitian  ini  adalah  tes  hasil  belajar berbentuk : (1) Pedoman observasi/pengamatan; (2) Soal atau Tes hasil belajar siswa baik Pri tes maupun Pos tes yang dialksanakan oleh peneliti/guru untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran maupun diskusi kelompok.


Untuk  melihat  peningkatan  hasil  postes dibandingkan  dengan  hasil  pretes,  dan dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penerapan metode  pembelajaran  kooperatif learning  dapat  meningkatkan  hasil  belajar siswa  pada  materi  pemilihan presiden–wakil presiden dan pemilukada. Hal ini dapat  dilihat  dari  hasil  tes  yang  diberikan kepada  siswa.  Hasil  pelaksanaan  siklus  I  dengan  menerapkan  metode  pembelajaran cooperativ learning diperoleh  tingkat  ketuntasan 75%  sedangkan  pelaksanaan  siklus II dengan menerapkan CTL dengan   metode pemberian tugas diperoleh tingkat ketuntasan klasikal  86%. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dan siswa berlangsung dengan baik dengan penerapan metode pembelajaran cooperative learning didalam pembelajaran.

Keywords

Metode pembelajaran Cooperative Learning, Hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Kalimandang, Z. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PROSES PILPRES DAN PILKADA DI KELAS VI SD GMIT OEBELO. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.510

References

  1. Agus suprijono, cooperatif learning teori dan aplikasi PAKEM, (Yogyakarta:pustaka pelajar)
  2. Isjoni. (2011) Cooperative learning, Bandung: Alfabet
  3. Trianto M.Pd,Mendesain model pembelajaran inovatif‐progresif,(Jakarta:kencana),21‐22
  4. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencan