Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IIS-1 SMA Negeri 3 Kupang Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) (classroom action research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada dikelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS-1 tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kelompok Sosioal. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,66%, dan mengalami peningkatan pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 71,64% , kemudian pada siklus II dapat meningkat menjadi sebesar 93,03%.

Keywords

Model pembelajaran Discovery Learning, Hasil belajar Sosiologi

Article Details

How to Cite
Thabun, M. (2021). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI TANYA JAWAB, DISKUSI KELOMPOK DAN PENUGASAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PEMBELAJARAN KELOMPOK SOSIAL DI KELAS XI IIS-1 SMA NEGERI 3 KUPANG TIMUR. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.511

References

  1. Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Ghalia Indonesia.
  3. Kristin, F. (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Scolaria. Volume 6. Nomor (1)
  4. Putrayasa, dkk, (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajarterhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4 Nomor (2).
  5. Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.