Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pembelajaran saintifik melalui teknik permainan / simulasi,  diskusi dan penugasan dapat meningkatkan hasil  belajar tematik ipa  materi pembelajaran mengenal bagian tubuh hewan di kelas IV SD Gmit Oebelo. Jenis Penelitianini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek Penelitianini adalah siswa kelas IV SD Gmit Oebelo sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrument dalam penelitian ini adalah menggunakan soal tes awal dan tes akhir, RPP tematik kelas IV SD. Data penelitiaan ini dianalisis dengan menggunakan analisisn kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Melalui Metode Permainan/Simulasi, Diskusi, Dan Penugasan, dalam proses pembelajara tematik IPA materi pembelajaran Mengenal bagian tubuh hewan  di Kelas IV SD GMIT Oebelo  dapat memotivasi Peserta Didik  dalam upaya mengembangkan kemampuan bernalar, menanya, dan mengasosiasi serta mengaplikasi kan materi pembelajaran yang harus disajkan guru; (2) Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Melalui Metode Permainan/Simulasi, Diskusi, Dan Penugasan, Pada Siklus II (85,68%) siswa tuntas lebih besar dari ketuntasa siklus I yakni (75,43%) dalam proses pembelajaran tematik IPA Biologi  materi pembelajaran mengenal bagian tubuh hewan, di Kelas IV SD GMIT Oebelo yang berjumlah 25 orang, Hasil Belajar Peserta Didik  dapat Meningkat atau mencapai Ketuntasan yakni 75 % bahkan melampawui nilai KKM yakni 75.

Keywords

Pembelajaran Scientifik, bermain peran, pembelajaran IPA SD

Article Details

How to Cite
Rihi, H. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI TEKNIK PERMAINAN / SIMULASI, DISKUSI DAN PENUGASAN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPA MATERI PEMBELAJARAN MENGENAL BAGIAN TUBUH HEWAN DI KELAS IV SD GMIT OEBELO. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.513

References

  1. Abdullah (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Dimyanti dan Mujiono (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta
  3. Hartono dan Sunarto (2006) Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
  4. Lazim, M. (2014) Penerapan Pendekatan Scientifik dalam Pembelajaran K13. Yogyakarta: P3TK Seni dan Budaya Yogyakarta
  5. Sardiman (1992) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafino
  6. Sudjana (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
  7. Sulistyorini (2007). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana
  8. Suyitno (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.