Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di UPTD SMP Negeri Ilawe. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dakumentasi, dan wawancar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwasanya : metode ceramah yang diterapkan dalam proses pembelajaran PAI oleh guru ialah metode ceramah yang diselingi dengan metode tanya jawab. Metode diskusi yang digunakan pada proses pembelajaran ini ialah metode diskusi kelompok kecil. Hasil belajar siswadikelas yang menerapkan metode ceramah, dari segi kognitif mengalami kenaikan, dari segi afektif siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik. Pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi cocok dengan materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,81% ) dan siklus II ( 87,10% ). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi cocok dengan materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram ,yaitu dapat meningkat kan dorongan belajar pada siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban- jawaban menja di motivasi untuk belajar.
Keywords
Article Details
References
- AlHanit,Abu RIFQI 1986 Pelajaran Ilmu Tajwid,Surabaya:Penerbit Terbit Teran
- Abidin , S.A.Zainal Ahman, 2001. Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW Rahman Lil Aalamin,Surabaya: Penerbit Terbit Terang.
- Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
- Hamalik, O. 2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara.
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (2010) . Bala Pustaka . Jakarta
- Daryanto.(2011). Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitikan Tindakan Sekolah. Yogyakarta; Gava Media
- Margono.(1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Rineksa Cipta
- Poewodaminto.(1990). Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta; Bina Ilmu.
- Sagala (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfaveta,
- Sanjaya, (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Media Group,
- Soekanto, Teoti. (1997). Teori Belajar Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Cendiki
- Usman, Moh.Usman, Moh.(2001). Menjadi Guru Provesional. Bandung; Remaja Rosdakarya.