Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil  belajar  PAI  di  UPTD SMP Negeri  Ilawe.  Metode  yang digunakan  Penelitian Tindakan Kelas,  dengan teknik  pengumpulan  data  melalui  observasi, dakumentasi, dan wawancar. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menarik kesimpulan bahwasanya :  metode  ceramah  yang  diterapkan  dalam  proses pembelajaran  PAI oleh guru ialah metode ceramah yang diselingi dengan metode tanya jawab. Metode diskusi yang   digunakan   pada   proses   pembelajaran   ini   ialah   metode   diskusi kelompok kecil. Hasil belajar siswadikelas yang menerapkan metode ceramah, dari segi   kognitif   mengalami   kenaikan,   dari  segi   afektif siswa  dapat   menerima pembelajaran  dengan  baik. Pembelajaran dengan metode ceramah bervariasi cocok dengan materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram  dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai  dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (71,81% ) dan siklus II ( 87,10% ). Penerapan Metode Ceramah Bervariasi cocok dengan materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram ,yaitu dapat meningkat kan dorongan belajar pada siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban- jawaban menja di motivasi untuk belajar.

Keywords

Metode Ceramah, Diskusi, Hasil Belajar PAI

Article Details

How to Cite
Suluwetang, M. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AJAR MAKANAN DAN MINUMAN HALAL DAN HARAM MELAUI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH BERVARIASI (TANYA JAWAB, DISKUSI, PENUGASAN) DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI ILAWE. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.514

References

  1. AlHanit,Abu RIFQI 1986 Pelajaran Ilmu Tajwid,Surabaya:Penerbit Terbit Teran
  2. Abidin , S.A.Zainal Ahman, 2001. Kisah Kehidupan Nabi Muhammad SAW Rahman Lil Aalamin,Surabaya: Penerbit Terbit Terang.
  3. Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
  4. Hamalik, O. 2001.Proses Belajar Mengajar.Jakarta : Bumi Aksara.
  5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2010) . Bala Pustaka . Jakarta
  6. Daryanto.(2011). Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitikan Tindakan Sekolah. Yogyakarta; Gava Media
  7. Margono.(1997). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta; Rineksa Cipta
  8. Poewodaminto.(1990). Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta; Bina Ilmu.
  9. Sagala (2009), Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfaveta,
  10. Sanjaya, (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Media Group,
  11. Soekanto, Teoti. (1997). Teori Belajar Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta; Cendiki
  12. Usman, Moh.Usman, Moh.(2001). Menjadi Guru Provesional. Bandung; Remaja Rosdakarya.