Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative tipe STADdapat meningkatkan hasil belajar tematik Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Gemit Oebelo pada materi menceritakan kembali teks petualangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins. Subyek Penelitianini adalah siswa kelas VISD Gemit Oebelo dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Data penelitiaan ini dianalisis dengan menggunakan analisisn kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini diketahui melalui peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I 70% meningkat menjadi 85% pada siklus II.

Keywords

Metode STAD, Hasil belajar Bahasa Indonesia

Article Details

How to Cite
Zacharias, M. E. (2021). METODE COOPERATIVE TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK BAHASA INDONESIA MATERI PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS PETUALANGAN, DI KELAS VI SD GMIT OEBELO. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1). https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.516

References

  1. Kristin, F. (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Scolaria Volume 6 Nomor (2).
  2. Laily, F.I (2015) Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. Volume 2 Nomor (1)
  3. Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
  4. Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  6. Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning: teori, Riset dan Praktik.